Breaking News

Gelar Diklat Jurnalistik, DPD SPI Lampung Barat Undang Asesor Berlisensi BNSP

 


Lampung Barat, reporter.com -, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Solidaritas Pers Indonesia (SPI), Kabupaten Lampung Barat mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik, acara dilaksanakan di ruang Kantor Sekretariat DPD SPI, bertempat di Kelurahan Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, Jum'at (10/03/2023).


Hadir sebagai narasumber, Wesly H Sihombing Asesor Berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dari Jakarta yang menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik dan jenis-jenis berita. 


Wesley H Sihombing menjelaskan, bagaimana menjadi seorang penulis yang baik. Kode etik, Undang-Undang Pers menjadi acuan pelatihan jurnalistik ini.


Antusiasme peserta begitu tinggi, terbukti dengan banyaknya lontaran pertanyaan yang diajukan. Selain itu, simulasi pembuatan berita juga dilakukan di ruangan dengan wawancara narasumber dan seketika langsung ditulis untuk kemudian di presentasikan. Hal ini bertujuan untuk menguji pemahaman peserta tentang materi yang diberikan.



“ Pentingnya menulis berita yang baik dan benar untuk dibaca Masyarakat, Tulisan yang baik akan membawa dampak yang baik atau positif, sedangkan orang yang tidak baik akan menghasilkan tulisan yang tidak baik,” ujar Wesly.


Sementara itu, Ketua DPD SPI Kabupaten Lampung Barat, Adung menuturkan, pelatihan ini hadir untuk membantu para rekan-rekan dalam memahami jurnalisme yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.


Menurut Adung, sebagai seorang Wartawan, menulis berita merupakan kewajiban. tetapi apakah dalam menulis berita sudah sesuai dengan Pedoman Utama Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ)?, ini yang harus diperhatikan. untuk itulah kegiatan ini dilakukan. 


" Sebagai konsumen informasi, pengetahuan jurnalistik juga dibutuhkan untuk memfilter dan mengkritisi informasi yang beredar di berbagai media. Mudah-mudahan pelatihan ini bisa lebih memotivasi kawan-kawan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, dan memahami Kode Etik Profesi," tutupnya.


Usai kegiatan, acara dilanjutkan dengan memberikan piagam kepada rekan-rekan yang telah mengikuti Diklat Jurnalistik yang ditandatangani oleh Ketua Umum SPI, Suriani Siboro, Ketua Bidang Pembinaan Daerah DPW SPI Provinsi Lampung, Cecep Rusdiono, Ketua DPD SPI Lampung Barat dan Asesor berlisensi BNSP Wesly H Sihombing. 





Syahbudin K

Sumber: DPD SPI Lampung Barat 

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini