Breaking News

Wilayah di Jakarta yang Memiliki Nama Unik

 

Jakarta, reporter.com - Nama-nama wilayah di Jakarta memiliki nama tempat yang unik-unik. Selain nama pahlawan, nama tumbuhan juga banyak tersebar untuk dijadikan nama di sejumlah daerah Jakarta. Salah satunya di Jakarta Timur.

Penamaan tanaman sebagai nama jalan biasanya karena banyak ditemukan tumbuhan yang hidup di wilayah tersebut. Berikut nama-nama daerah di Jakarta Timur yang memakai nama tumbuhan.

1. Kampung Rambutan

Kampung Rambutan merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Menurut sejarah, nama Kampung Rambutan berasal dari nama pohon buah rambutan yang banyak tumbuh di daerah tersebut pada awal abad ke-19. 

Dulu, pohon rambutan banyak tumbuh di kebun-kebun dan halaman perkampungan penduduk yang kebanyakan orang Betawi asli.

2. Kebon Pala

Kebon Pala merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Menurut sejarah, dulunya kawasan tersebut memang banyak tumbuh pohon pala. Pohon pala tersebut ditanam dan dibudidayakan di kebun-kebun milik penduduk setempat. 

Pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, pohon pala merupakan merupakan salah satu rempah-rempah utama yang terdapat di Indonesia.

3. Duren Sawit

Wilayah Duren Sawit merupakan sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Timur. Nama Duren Sawit sendiri berasal dari pohon durian dan pohon kelapa sawit. Pada zaman kolonial Belanda, kawasan Duren Sawit merupakan perkebunan yang banyak pohon durian dan kelapa sawitnya. Pohon durian banyak tumbuh di halam rumah penduduk. Sedangkan, pohon kelapa sawit ditanam di kebun-kebun yang luas dan kebanyakan milik para tuan tanah asal Belanda.

4. Pondok Kopi

Pondok Kopi merupakan sebuah kawasan di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut sejarah, banyak tumbuh pohon kopi sebagai rempah-rempah utama di kawasan ini.

Namun ada juga yang mengatakan, kawasan tersebut dulunya banyak pondok dan digunakan oleh para kompeni Belanda untuk singgah. Para penduduk pribumi dan Belanda dari beberapa daerah yang bermukim di Batavia selalu singgah untuk minum kopi di pondok-pondok tersebut.

5. Pondok Kelapa

Pondok Kelapa merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dulunya, nama Pondok Kelapa sendiri berasal dari pondok-pondok yang terbuat dari batang serta daun pohon kelapa di kawasan tersebut. Pondok tersebut masih dalam bentuk perkampungan yang belum banyak rumah penduduk dan gedung.

6. Kramat Jati

Saat ini, Kramat Jati merupakan salah satu kecamatan yang berada di Jakarta Timur. Kawasan Kramat Jati terkenal dengan pasar legendarisnya, yaitu Pasar Induk Kramat Jati yang sudah didirikan sejak 1973.

Nama Kramat Jati sendiri diambil karena dulunya banyak pohon jati dan pohon-pohon besar yang tumbuh di kawasan tersebut.

Penduduk setempat mengeramatkan pohon jati tersebut karena dianggap memiliki kekuatan magis. Banyak dari mereka yang berdatangan dan melakukan ritual untuk mengabulkan keinginannya.

7. Pinang Ranti

Pinang Ranti merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Makasar, Jakarta Timur. Kelurahan Pinang Ranti berbatasan dengan Kelurahan Makasar di sebelah utara, Kelurahan Lubang Buaya dan Kelurahan Halim Perdana Kusuma di sebelah timur.

Kelurahan Dukuh di sebelah barat, sedangkan di bagian selatan bersebelahan dengan Kelurahan Ceger. Nama Pinang Ranti sendiri berasal dari nama tumbuhan pohon pinang dan ranti. Dulunya tanaman tersebut banyak tumbuh di kawasan ini.

8. Bambu Apus

Bambu Apus merupakan kawasan di wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Menurut sejarahnya, nama Bambu Apus berasal dari nama jenis pohon bambu.

Dulunya banyak tumbuh pohon bambu dengan batang lurus, tidak berduri, dan daunnya agak besar, di kawasan tersebut. Oleh karena itu, penduduk setempat kemudian menyebut kawasan tersebut sebagai daerah Bambu Apus.

Sebagian penduduk setempat mempercayai bahwa pohon bambu yang bisa hidup ratusan tahun itu punya khasiat sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit. (red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini