Breaking News

Penyidikan Kasus Dana Hibah Pilwali Lambat, Kejari Surabaya Surati Polrestabes

 



Surabaya, reporter.com – Kasus dugaan korupsi dana hibah Pilwali Surabaya sampai saat ini masih dalam tahap penyidikan oleh tim Polrestabes Surabaya, namun sampai saat ini korps Bhayangkara belum menetapkan siapa pihak yang bertanggungjawab dalam kasus ini.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya sendiri sudah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke penyidik Polrestabes, namun belum diikuti dengan pelimpahan berkas perkara.

“Beberapa waktu lalu kami pernah kirim surat untuk mempertanyakan tindak lanjut dari SPDP kasus tersebut, saat itu (penyidik) menjawab masih tahap penyidikan,” ujar Ari Prasetya Panca Atmaja, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Surabaya, Senin (2/2/2023).

Namun setelah beberapa bulan menerima jawaban, ternyata sampai saat ini belum ada tindak lanjut dalam penanganan kasus tersebut. “Pada intinya kami akan menyurati lagi untuk kedua kalinya ke penyidik. Kami akan menanyakan perkembangan penyidikan kasus tersebut,” katanya.

Jika tetap tidak ada laporan perkembangan penyidikan, Ari mengancam akan mengembalikan SPDP kasus korupsi dana hibah Pilwali ke penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya. “Jika nanti tidak ada tindak lanjut lagi, ya tentu akan segera kami kembalikan (SPDP) ke penyidik,” tegas Ari.

Saat ditanya berapa waktu yang diberikan untuk menunggu laporan perkembangan penyidikan, Ari tidak bisa memastikannya. “Kalau misal dalam beberapa waktu menurut kami sudah terlalu lama, ya kami akan kembalikan SPDP tersebut,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polrestabes Surabaya mengusut dugaan korupsi dana hibah Pilwali Kota Surabaya sejak pertengahan 2022. Dugaan awal, anggaran yang turun dari pemerintah diduga tidak dipakai sesuai peruntukan pada pelaksanaannya. Total anggaran dana hibah tersebut mencapai Rp 101 miliar.


Polisi mengendus dana yang diselewengkan mencapai puluhan miliar rupiah. Saat itu, Unit Tipikor Satreskrim Polrestabes Surabaya bahkan telah memeriksa satu orang saksi yakni PPK dari Kecamatan Bubutan.( hum. Aw) 

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini