Breaking News

Demi Bertemu Pengasuh, Bule Amerika Serikat Terbang Ke Jombang.

   


Surabaya,  reporter.com - Pertemuan bule Amerika Serikat (AS) dengan mantan pengasuhnya di Jombang begitu haru. Bule AS bernama Andy itu rela terbang ke Indonesia hingga ke Jombang demi bertemu dengan Bu Tin yang telah putus kontak dengannya selama 10 tahun.
Momen haru itu juga tak terlepas dari peran Dave Jephcott alias Cak Dave, seorang konten kreator yang juga akrab disapa Londo Kampung. Momen bahagia pertemuan Andy dengan Bu Tin di-posting Cak Dave di akun Instagramnya, @londokampung, Senin (16/1). Pria kelahiran Australia yang besar di Surabaya ini juga menceritakan awal mula sahabatnya, Andy mencari keberadaan Bu Tin.

Cak Dave lantas mengunggah foto-foto lawas Andy di medsosnya. Foto tersebut juga memperlihatkan sosok Bu Tin beserta suami dan putranya. Gayung pun bersambut, sejumlah warganet memberikan informasi tempat tinggal Bu Tin di Kabupaten Jombang.

Bahkan, berkat postingan Cak Dave, Andy yang sudah berada di Surabaya mendapatkan nomor ponsel Dimas Pamungkas (19), putra tunggal Bu Tin. Sehingga bule asal Kansas, Amerika Serikat itu bisa berkomunikasi dengan keluarga eks pengasuhnya.

"Saya tahunya dari tetangga, ditunjukkan di HP kalau ada bule yang mencari saya. Saya lihat ternyata benar itu foto saya," cerita Bu Tin kepada wartawan ditemui di rumahnya, Dusun/Desa Sumberagung, Perak, Jombang, Kamis (19/1/2023).

Andy dan Bu Tin akhirnya bertatap muka pada 11 Januari 2023,sekitar pukul 10.30 WIB. Ketika itu, Andy datang bertiga dengan orang tua Cak Dave, Hume Jepchott dan Heather Jepchott. Sebab, orang tua Andy tidak ikut ke Indonesia.

Kebahagiaan bercampur haru pun mewarnai pertemuan di rumah Bu Tin tersebut. Bu Tin sama sekali tidak menyangka bisa ketemu dengan Andy lagi setelah berpisah satu dasawarsa.

"Saya senang sekali, saya tidak menyangka akan kembali bertemu, karena jauh. Dia (Andy) di Amerika, saya di sini sebagai orang desa," terang Bu Tin menangis haru.

Bu Tin sempat ngobrol beberapa jam dengan Andy dan orang tua Cak Dave. Mereka berada di rumah Bu Tin sampai sekitar pukul 14.30 WIB. Bule Amerika itu rela terbang jauh ke Indonesia untuk melepas rindu dengan Bu Tin, Dimas, dan Yamin.

"Kata Andy rindu dengan saya, rindu dengan masakan saya. Juga dengan Pak Yamin dan Dimas. Akhirnya minta tolong David (Cak Dave)," jelasnya.

Bu Tin dulunya mengasuh Andy sekitar 10 tahun, yakni sejak sekitar tahun 1996. Kala itu, Andy dan orang tuanya tinggal di Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya. Ayah Andy mengajar di salah satu kampus swasta di Kota Pahlawan. Keluarga Andy pulang ke Amerika sekitar 2006 karena ayahnya harus mengajar di Kansas.

Bu Tin kembali bertemu dengan Andy sekeluarga di Surabaya sekitar tahun 2012. Ketika itu Andy sudah berusia remaja. Foto momen pertemuan itu masih disimpan oleh Bu Tin di rumahnya. Setelahnya, dua keluarga lintas negara ini putus kontak.

Tidak hanya itu, Bu Tin juga pernah bekerja di rumah Cak Dave di Kelurahan Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya sejak sekitar tahun 1989. Selama 6-7 tahun ia menjadi asisten rumah tangga keluarga asal Negeri Kanguru tersebut. Oleh sebab itu, Bu Tin sangat akrab dengan keluarga Andy maupun Cak Dave.(red.Nz)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini