Breaking News

Ternyata ada 2 orang Indonesia lebih kaya dari Jack Ma, siapa mereka?

  


    Jakarta, reporter.com - Bunda mungkin sudah familiar dengan sosok Jack Ma. Pengusaha terkenal asal China ini adalah pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group. Seperti Bunda ketahui, Alibaba Group merupakan perusahaan e-commerce terbesar di China.

    Punya perusahaan e-commerce raksasa, tentunya Jack Ma juga memiliki banyak harta ya, Bunda. Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes per 23 November 2022, Jack Ma tercatat memiliki harta kekayaan mencapai US$21,7 miliar atau sekitar Rp336,9 triliun (kurs Rp15.600).


     Meski demikian, ternyata ada lho orang Indonesia yang lebih kaya dibandingkan Jack Ma. Siapa orangnya? Mereka adalah Hartono bersaudara, sang pemilik Djarum.
 Masih berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, per 23 November 2022, harta kakak beradik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono ini lebih tinggi dibandingkan Jack Ma. Robert Budi Hartono tercatat memiliki harta US$23 miliar atau sekitar Rp358 triliun.

    Sementara itu sang kakak, Michael Budi Hartono saat ini ditaksir memiliki kekayaan sekitar US$22,1 miliar atau setara dengan Rp344,7 triliun. Jika digabungkan, saat ini total kekayaan Hartono bersaudara mencapai Rp702,07 triliun.


    Sebagai catatan, daftar peringkat orang terkaya dunia di dalam Real Time Billionaires Forbes terus berubah setiap waktunya. Forbes menggunakan nilai saham yang dimiliki para konglomerat di dunia sebagai perhitungan untuk mengetahui jumlah kekayaan yang dimiliki.

    Sementara itu sang kakak, Michael Budi Hartono saat ini ditaksir memiliki kekayaan sekitar US$ 22,1 miliar atau setara dengan Rp 344,7 triliun. Jika digabungkan, saat ini total kekayaan Hartono bersaudara mencapai Rp 702,07 triliun.

    Kakak beradik tersebut mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari investasi di BCA. Keluarga Hartono membeli saham BCA setelah keluarga taipan lainnya, yakni keluarga Salim, kehilangan kendali bank selama krisis ekonomi Asia 1997-1998.

    Mereka juga menjadi kaya raya berkat bisnis tembakaunya, Djarum. Djarum kini merupakan salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, mereka juga memiliki merek elektronik populer Polytron, real estat di Jakarta, dan saham di startup gaming Razer. Keduanya dinobatkan menjadi orang terkaya di Indonesia hingga sekarang ini.


 

   Sementara kekayaan Jack Ma yang terus merosot sejak tahun lalu, harta kekayaan Hartono Bersaudara malah semakin meningkat dan bisa menyalip Jack Ma. Jadi, kini ada dua orang Indonesia yang sudah mengalahkan harta Jack Ma.

    Sebagai catatan, daftar peringkat orang terkaya dunia di dalam Real Time Billionaires Forbes terus berubah setiap waktunya. Forbes menggunakan nilai saham yang dimiliki para konglomerat di dunia sebagai perhitungan untuk mengetahui jumlah kekayaan yang dimiliki. ( Hum/cm ) .

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini