Breaking News

Kunjungan Kapolda Jatim Membantu Korban Banjir Bandang Kalibaru

 


Banyuwangi, reporter.com - Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H beserta jajarannya tengah mendatangi para korban banjir dengan memberikan bantuan 335 bingkisan untuk korban banjir Kalibaru.

Disamping itu Kapolda Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H. juga memberikan semangat dan ucapan bela sungkawa terhadap para korban banjir di kecamatan Kalibaru.

Pihaknya berharap, masyarakat juga ikut bertanggung jawab atas banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Kalibaru. "Tentu harapan kami, ada pertanggung jawaban bersama antara pemerintah setempat dengan masyarakat dalam menanggulangi keadaan ini agar tidak terjadi banjir lagi kedepannya," pungkasnya.

Banjir bandang menerjang 5 desa di Kalibaru, Banyuwangi, merusak sejumlah jembatan dan puluhan rumah. Penyebab terjadinya banjir bandang di Kecamatan Kalibaru terjadi karena beberapa faktor di antaranya curah hujan yang sangat tinggi.

Masyarakat bersama para stekholder  membuat perencanaan baru dan lengkap dengan pengalihan air dari hulu, agar tidak lagi masuk ke sungai-sungai kecil yang ada di sekitar pemukiman warga sekitar.

"Untuk mengatasi persoalan ini, kita nanti akan duduk bareng, diharapkan semuanya punya kesadaran masing-masing, karena hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya banjir," ucap Sungkowo Sarwo Edi, S.H selaku tokoh masyarakat kepada wartawan infopol, Selasa (8/11/2022).

Upaya pencegahan pun bakal dilakukan, di antaranya reboisasi, menjaga kebersihan saluran-saluran air di daerah yang rawan bencana.

"Masyarakat juga akan kita libatkan pastinya, terkait dengan upaya pencegahan masalah penanggulangan untuk membahas itu semua," tandasnya.

BPBD Banyuwangi, Mujito, SKM.MKES mencatat, banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Kalibaru, Selasa (8/11/2022), setidaknya ada 5 desa yang terdampak banjir. Masing-masing desa terdampak yaitu Desa Banyuanyar, Kalibaru Manis, Kalibaru Wetan, Kalibaru Kulon dan Desa Kajarharjo.

Total ada 1.100 jiwa dari puluhan rumah yang terdampak banjir terparah berada di Desa Kalibaru Wetan. Ada puluhan rumah di desa setempat mengalami rusak parah akibat diterjang banjir.

Tiga jembatan penghubung juga putus, barang berharga milik warga ikut hanyut. Diantaranya, 7 sepeda motor, 3 mobil, 14 ekor kambing dan 3 ekor hewan ternak sapi.

Sedangkan Camat Kalibaru Drs. Susanto Wibowo, Mm. saat mendampingi Kapolda Jatim mengatakan," Bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas kunjungan Kapolda Jatim yang juga memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir yang telah terjadi, dan kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu korban bencana banjir Kalibaru tersebut," Pungkasnya.

Misgianto anggota TNI dari kesatuan marinir yang rumahnya juga sebagai korban dampak dari banjir bandang menyampaikan," Saya mewakili warga dan atasnama pribadi sangat  terimakasih atas segala bantuan dari para pihak donatur kepada kami, dan harapan kami kedepan kepada yang berwenang untuk segera melaksanakan dan meretribusikan bantuan terutama terkait pembenahan pemukiman yang telah terdampak," Tandasnya. 

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini