Breaking News

Angkat Potensi Desa Wisata, Pemkab Bantul Gelar Festival Ikan Hias

 




Bantul, reporter.com - Walau belum hilang sepenuhnya, kasus COVID-19 perlahan-lahan mulai bisa diatasi. Kini masyarakat mulai berani mengadakan acara-acara besar lagi.

Salah satu acara yang diadakan adalah festival ikan hias tingkat nasional yang diadakan Pemkab Bantul bekerja sama dengan pengelola Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji (Dewi Kajii). Festival itu diadakan untuk mengangkat potensi wisata ikan hias di Desa Kadisoro.

“Acara seperti ini pernah digelar tahun lalu di masa pandemi, yaitu saat PPKM. Hari ini kita lengkapi dengan kontes Ikan Guppy dan Ikan Molly,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo.

Heru mengatakan, festival ikan hias itu diadakan untuk mengangkat potensi ikan hias di Dusun Kadisoro, Desa Gilangharjo, Pandak. Ia menjelaskan, kemunculan ikan hias itu dikarenakan masyarakat yang gemar menekuni budidaya ikan hias.


 

Ia berharap dengan adanya acara itu, masyarakat yang selama ini memiliki hobi budi daya ikan hias dapat mengikuti kontes ikan hias pada festival itu, sementara itu masyarakat penggemar ikan hias juga bisa menyaksikan kontes itu demi meningkatkan geliat ekonomi masyarakat desa.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu mengungkit percepatan untuk terwujudnya Dewi Kajii secara mandiri dan berkelanjutan. Apalagi desa wisata itu tahun ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata terbaik peringkat lima di DIY untuk kelas embrio atau rintisan desa wisata,” kata Heru Selasa (23/8/2022).

Heru mengatakan, kegiatan dalam rangka mengenalkan potensi desa wisata itu juga merupakan bentuk akuntabilitas dan upaya tanggung jawab pengelola wisata untuk selalu berprestasi. Apalagi desa itu sudah ditetapkan sebagai desa wisata di DIY.

“Ketika diberi tanggung jawab prestasi tentu harus kita ikuti. Jangan sampai ketika sudah mendapatkan prestasi lalu stagnan tidak ada perkembangan. Ini juga sebagai perhatian dan evaluasi dari Pemda DIY bahwa Desa Wisata Kajii ini menjadi salah satu desa wisata terbaik kelima di DIY,” tambah Heru.

Selain festival ikan hias, acara yang digelar pada 23-28 Agustus itu juga menyajikan pameran kuliner dan aneka produk lokal masyarakat setempat. Heru berharap dengan adanya acara ini desa wisata itu semakin diperhitungkan. (red.mrhs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini