Breaking News

Petrokimia Gresik Operasikan Pabrik Pupuk NPK Organik

 

Gresik, reporter.com – PT Petrokimia Gresik (PG) mengoperasikan pabrik pupuk NPK organik dengan kapasitas 10.000 ton per tahun. Pabrik yang berlokasi di area kebun percobaan (Buncop) tersebut juga untuk mencukupi kebutuhan  pertanian organik yang saat ini mencapai 250 ribu hektar lebih.

Dirut Petrokimia Gresik Dwi Satryo Annurogo menuturkan, pabrik pupuk NPK organik ini bisa untuk menggantikan pupuk kandang yang sampai sekarang dipakai oleh petani. “Pupuk NPK organik ini sangat simpel dan cocok digunakan petani yang semula pakai pupuk kandang berton-ton. Sekarang cuma beberapa karung saja,” tuturnya, Minggu (17/7/2022).

Ia menambahkan, jika diilustrasikan, petani semula memakai pupuk kandang bisa mencapai 9,4 ton untuk satu hektar. “Maka pupuk NPK organik yang kami produksi ini tidak lebih dari tiga karung. Artinya, ada kecukupan unsur hara oleh akar tanaman menjadi lebih baik. Kami optimis pupuk NPK organik tersebut bisa diterima oleh pasar. Ditambah ada label sertifikatnya bila dijual bisa laku tiga kali lipat,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih mengatakan, ini merupakan pupuk NPK alam pertama di Indonesia. Pemilihan pupuk organik tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap pertanian di Indonesia yang telah menghasilkan berjuta-juta pupuk organik.

“Produk yang kami hasilkan ini memiliki unsur lengkap baik itu nitrogen, fosfar dan kalium (NPK), dan telah melalui uji coba,” katanya.

Direksi perempuan pertama itu menyatakan nantinya pabrik pupuk NPK organik ini menjadi percontohan pabrik lain di Indonesia. “Dari hasil aplikasi dengan menggunakan pupuk alam tersebut. Ada peningkatan produktivitas 6 persen. Tidak salah jika petani maupun masyarakat sudah menunggu manfaat pupuk ini yang merupakan hasil riset,” pungkasnya.(red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini