Breaking News

Situs PPDB Jakarta Diakses 88 Ribu Orang Pagi Ini, Sempat Terjadi Penumpukan

 


Jakarta, reporter.web.id - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 telah memasuki tahap pemilihan sekolah pada hari ini. Sudah ada 88 ribu siswa yang mengakses serta mendaftar pagi ini.

"Per pukul 09.00 WIB, sudah ada 88 ribuan (siswa)," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Purwosusilo Sapta dihubungi, Senin (10/6/2024).

Sementara itu, pendaftaran dimulai pada pukul 08.00 WIB. Ia menjelaskan sempat terjadi penumpukan saat web PPDB dibuka. Namun, ia menegaskan bahwa hal tersebut bukan merupakan error.

"Bukan error. Jadi pada saat detik pertama sampai 10 menit itu terjadi penumpukan. Tapi masyarakat tetap bisa akses, bukan error, lancar-lancar saja," kata Purwo ketika dihubungi.

"Masyarakat masih bisa mengakses situs https://ppdb.jakarta.go.id.," sambungnya.

Penumpukan itu terjadi karena calon peserta didik secara bersamaan mengakses web. Mengingat, seluruh jenjang dibuka pendaftaran PPDB-nya hari ini.

"Iya penumpukan pada awal, jadi seperti biasa. Dalam sebuah sistem itu di awal bareng, sudah sekian puluh ribu. Enggak error," ujarnya.

Purwo memastikan pendaftaran PPDB akan berjalan secara normal dan lancar. Pihaknya pun juga selalu mengawasi jika terjadi masalah dalam sistem.

"Kalau menurut pengalaman yang ada, di sistem itu sudah termonitor. Jadi untuk kelanjutannya terus sudah berjalan secara stabil. Kalau penumpukan lalu kita lost, bisa jebol. Makanya itu salah satu pengamanan," ujarnya.

"Ibarat kata mesin itu pemanasnya lagi di-stater, langsung tancap gas kan enggak mungkin. Maka kami memang sudah antisipasi dan kami selalu stand by untuk memonitor perjalanan sistem, lancar-lancar saja," tambahnya.

Seperti diketahui, CPDB telah mengikuti tahap prapendaftaran dengan mengisi data diri. Saat ini, CPDB bisa memilih sekolah pilihan sesuai dengan jalur pilihan.

Pemilihan sekolah ini dibuka serempak pada semua jalur, yakni Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, serta Jalur Guru dan Tenaga Kerja.(red.J)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini