Jakarta,reporter.web.id - Wali Kota Medan sekaligus politikus Partai Gerindra, Bobby Nasution, mendapat kekuatan baru untuk maju Pilgub Sumut 2024. Terbaru, Partai Golkar yang memberikan dukungan resmi kepada Bobby Nasution.

Dukungan surat rekomendasi Golkar kepada Bobby disampaikan Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, usai menggelar pertemuan bersama elite Golkar dan Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah atau Ijeck.

"Sore ini saya menerima kunjungan dari Pak Bobby, Wali Kota Medan, yang pada kesempatan ini sudah dibahas bahwa Pak Bobby akan maju menjadi Gubernur Sumatera Utara dan telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai, termasuk dari Partai Golkar," kata Airlangga di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

"Untuk itu saya minta Pak Doli untuk menyerahkan surat dukungan Partai Golkar," imbuhnya.

Waketum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, kemudian menyerahkan surat dukungan kepada Bobby. Golkar memberikan keleluasaan kepada Bobby untuk menentukan pendampingnya di Pilgub Sumut.

"Dukungan ini nanti terus masih satu nama, Pak calon gubernur. Nanti akan dilengkapi menjadi pasangan, tentu dengan pasangan yang dipilih oleh Pak Bobby," ujar Airlangga.

Dukungan resmi Golkar ini semakin melengkapi format Koalisi Indonesia Maju (KIM) tingkat nasional di Pilgub Sumut. "Dan Pak Bobby ini sudah didukung oleh lima partai ya Pak Bobby, termasuk dari KIM yaitu Gerindra, PAN, Demokrat dan Golkar," imbuhnya.

Gerindra

Gerindra Sumut senang Bobby mendapatkan kekuatan baru di Pilgub Sumut. Gerindra menilai dukungan Golkar membuat peluang kemenangan Bobby semakin mudah diraih.

"Kami sangat senang dan menambah semangat kami karena dukungan Golkar kepada kader Gerindra Muhammad Bobby Afif Nasution untuk maju di Pilgubsu 2024 dan semakin optimis bahwa dukungan Golkar ini akan menggenapkan peluang kemenangan Bobby pada Pilgubsu 2024," kata Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Sugiat, dilansir detikSumut, Rabu (19/6).

Demokrat
Partai Demokrat sebelumnya sudah resmi memberikan dukungan ke Bobby Nasution untuk maju Pilgub Sumut. Dukungan itu diberikan saat Bobby menyambangi jajaran elite Demokrat.

Bobby terlihat duduk di tengah jajaran pengurus DPP Demokrat. Terlihat pula Kepala BPOKK Herman Khaeron, Sekjen Demokrat Teuku Rifky, Sekretaris Majelis Tinggi Demokrat, Andi Mallarangeng, hingga Ketua DPD Demokrat Sumut, Lokot Nasution.

"Dan kami memang ada keinginan untuk bersama-sama dengan Gerindra di mana itu bisa dilakukan dan bagian dari Koalisi Indonesia Maju, karena itu insyaallah Partai Demokrat akan mendukung Mas Bobby sebagai calon Gubernur Sumatera Utara," kata Andi Mallarangeng, Rabu (22/5).

PAN
Kemudian, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan partainya siap mengusung Bobby Nasution maju di Pilgub Sumut. Hal ini diungkapkan Zulhas setelah menerima Bobby di Jakarta.

Dukungan diberikan kepada Bobby karena Bobby dinilai memiliki kinerja yang baik saat menjadi Wali Kota Medan. Zulhas bahkan menyebut Medan berkembang pesat di bawah kepemimpinan Bobby.

"PAN yakin Insyaallah nanti Bobby akan terpilih menjadi Gubernur Sumut dan memimpin Sumut dengan baik," kata Zulhas, Rabu (22/5).
(red.J)