Breaking News

Bibit Padi Hibrida di Desa Probolinggo Jadi Solusi Saat Harga Beras Mahal

 


Probolinggo, reporter.web.id - Mahalnya harga beras, membuat pemerintah desa di Kabupaten Probolinggo harus menjaga ketahanan pangan. Salah satunya ratusan paket benih padi hibrida digelontorkan ke para petani Desa Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Desa Kareng Kidul, Ahmad Suladi mengatakan ada sebanyak 560 paket benih padi hibrida digelontorkan kepada petani setempat melalui program Dana Desa (DD). Padahal pada awalnya para petani sempat menolak dengan bantuan benih padi hibrida tersebut.

"Awalnya memang alergi, karena dari pengalaman sebelumnya kalau bibit bantuan seperti ini hasilnya tidak bagus. Sehingga banyak yang tidak menerima dan meskipun diterima tapi tidak dimanfaatkan, oleh karena itu sekarang kami buktikan dengan hasil padinya," kata Suladi, Jum'at (23/2/2024).

Oleh karenanya, Suladi berharap ke depan warga Desa Kareng Kidul, khususnya untuk petani di Kabupaten Probolinggo agar tidak alergi lagi menerima bantuan dari pemerintah. Sebab, tujuan dari bantuan tersebut agar perekonomian petani tetap stabil.

Padi hibrida sendiri mempunyai keunggulan seperti produktivitas lebih tinggi, lebih tahan hama dan penyakit, bulir lebih bagus, dan kualitas nasi lebih pulen.

"Tujuannya kami sebagai pemerintah desa, ingin membantu masyarakat supaya harga beras yang saat ini mahal bisa menurun dan bisa menstabilkan ekonomi masyarakat. Insyaallah di tahun 2024, program ini akan kami lanjutkan," ungkap Suladi.

Sementara Camat Wonomerto, Ali Kusno mengatakan program ketahanan pangan ini merupakan inisiatif Pemerintah Desa Kareng Kidul melalui DD 2023. Dan terbukti, dari penyaluran bibit padi hibrida tersebut sangat memuaskan dan jadi bibit padi unggulan.

"Harapannya melalui program ketahanan pangan ini, kepala desa bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kareng Kidul khususnya untuk lebih meningkatkan produktivitas pertaniannya, sehingga bisa memberi hasil yang bermanfaat," pungkas Ali Kusno.


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini