Breaking News

Jelang Malam Tahun Baru, Bayi Perempuan Ditemukan di Rerumputan Dekat Persawahan di Blitar

 


BLITAR,  reporter.web.id   - Bayi perempuan yang diduga baru saja dilahirkan ditemukan terbungkus kain jarik di antara rumput rimbun di Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (31/12/2023) sore.  Berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian, bayi dengan tali pusar yang belum dipotong itu pertama kali ditemukan oleh seorang pencari rumput. 

Kepala Sub Seksi Penerangan Masyarakat Humas Polres Blitar Kota Aipda Supriyadi mengatakan bahwa penemuan bayi itu berawal dari pemuda pencari rumput yang mengaku mendengar suara tangisan bayi.  "Saksi C (20) mendengar suara tangisan bayi saat hendak pulang membawa rumput. C mendekati arah suara dan melihat bayi terbungkus kain jarik," kata Supriyadi saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (1/1/2024).  Lanjut Supriyadi, C lantas buru-buru mencari bantuan warga lain yang sedang bekerja di sawah yang tidak jauh dari lokasi tersebut.  Bayi yang diduga baru terlahir sekitar satu jam sebelum ditemukan pada pukul 16.45 WIB itu, kata dia, dibawa ke rumah warga terdekat.  "Pihak kepolisian membawa bayi itu ke Puskesmas Ponggok untuk mendapatkan penanganan medis," tuturnya. 

Di puskesmas, lanjutnya, bayi berbobot 3 kilogram dan panjang 46 sentimeter itu juga dipotong tali pusarnya sepanjang 20 sentimeter.  Menurut Supriyadi, kini bayi dalam keadaan sehat dan stabil. Dia menambahkan, perangkat pemerintah desa di sekitar lokasi penemuan bayi telah menelusuri ada tidaknya ibu hamil dengan usia kandungan tua yang melahirkan bayi di wilayah mereka.  Namun, kata dia, tidak didapati informasi adanya perempuan melahirkan di wilayah sekitar lokasi.  Sementara itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS mengatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait penemuan bayi tersebut.  "Tim sedang melakukan penyelidikan siapa bayi ini dan siapa orangtuanya," tuturnya. (red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini