Breaking News

Panglima TNI: Tidak Ada Gangguan OPM selama Distribusi Bantuan Bencana di Papua Tengah


JAKARTA, reporter.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan tidak ada gangguan keamanan dalam distribusi bantuan bencana kelaparan di Distrik Agandugume dan Lambewi, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Khususnya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM). 


“Gak ada, jadi saya pastikan untuk kendala dari KKB, KST Papua, gak ada. Jadi memang saat ini kendalanya hanya cuaca saja,” ujar Yudo seusai rapat dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023). 


Bahkan, Yudo menegaskan sampai saat ini juga tidak ada gangguan dari OPM. Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan pengiriman bantuan ke Papua ada masalah keamanan dari OPM.

 

“Saya sampai sekarang tidak mendengar itu dan nyatanya bahan pangan yang kita kirim sudah terdistribusi dan sampai sana. Sampai sekarang tidak ada gangguan tembakan dari KKB. Jadi itu tolong media membangun, jangan sampai terbangun seolah-olah menakuti itu. Kita tidak pernah takut karena ini bantuan kemanusiaan, yang harus kita dahulukan kemanusian,” katanya. 


Panglima TNI mengungkapkan, saat ini puluhan ton bantuan dari Kementerian Sosial, Polri, BNPB sudah terdistribusikan ke Papua Tengah. 


“Kemarin sudah terdististribusi bantuan Menteri Sosial 10 ton dan dari Panglima TNI ada 8 yang ton sudah terdistribusi. Mungkin dari Pak Kapolda, Pak Pangdam juga terdistribusi, memang distribusinya tidak bisa langsung ke sana karena tidak ada jalan darat. Jalan satu-satunya hanya melalui udara dan angkatan udara harus menunggu cuaca. Ketika cuaca bagus, langsung terbang ke sana ngedrop balik lagi,” ucapnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini