Breaking News

Jelang Hari Kemerdekaan Patung Bung Karno di Blitar Diperbaiki, Dana 98 Juta Digelontorkan


Patung Bung Karno yang berada di depan halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar jalan Kusuma Bangsa No.60 Kecamatan Kanigoro kini tengah diperbaiki.

Blitar, reporter.com - Jelang hari kemerdekaan patung Bung Karno yang berada di depan halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar jalan Kusuma Bangsa No.60 Kecamatan Kanigoro kini tengah diperbaiki.


Tidak tanggung-tanggung Pemkab Blitar mengeluarkan anggaran 98 juta rupiah untuk memperbaharui cat, keramik serta lampu patung.


Perbaikan patung Bung Karno ini mulai dikerjakan pada pertengahan Juli lalu dan dijadwalkan selesai pada pertengahan Agustus 2023. Perbaikan cat, keramik serta pembenahan lampu ini diharapkan bisa membuat tampilan patung Bung Karno kembali mempesona.


“Yang diperbaiki itu, bagian cat, terus keramik dan serta ada lampu yang mati itu yang kami lakukan perbaikan,” kata Kabag Umum Pemkab Blitar, Eko Sumardiyanto, Jumat (04/08/23).


Perbaikan ini dilakukan setelah cat patung Bung Karno mulai memudar. Selain itu beberapa keramik yang ada di bagian dasar patung juga banyak yang mengelupas. Belum lagi bagian lampu yang menyorot ke atas patung rusak.


Diduga lampu-lampu yang berfungsi menerangi patung Bung Karno itu rusak akibat ulah orang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itulah Pemkab Blitar berinisiatif untuk melakukan perbaikan patung Bung Karno secara menyeluruh.


“Betul kami mengembalikan ke warna perunggu karena itu bahannya kan dari perunggu biar natural gitu,” imbuhnya.


Patung Bung Karno sendiri dibangun pada masa kepemimpinan Bupati Rijanto, tepatnya pada 18 Oktober 2018 lalu. Patung yang memiliki tinggi 14 meter tersebut dibangun dengan dana APBD senilai Rp. 1,7 Miliar.


Patung Bung Karno yang berdiri di depan kantor Pemkab Blitar itu dibangun menggunakan bahan dasar perunggu. Setelah diresmikan pada tahun 2018 lalu Patung Bung Karno tersebut menuai banyak protes, pasalnya patung yang ada di depan Pemkab Blitar itu dianggap tidak mirip dengan sang Proklamator.


Namun seiring berjalannya waktu, patung Bung Karno yang berada di depan Pemkab Blitar itu kini justru jadi salah satu ikon. Maka dari itu, Pemkab Blitar terus berupaya menjaga agar patung Bung Karno tersebut tampak bagus seperti dulu.


“Yang dibenahi mulai dari dasar keramik, cat hingga lampu, kontraknya untuk perbaikan ini 98 juta,” imbuhnya.


Pemkab Blitar pun berharap proses perbaikan patung Bung Karno ini bisa selesai sebelum tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Sehingga di momen hari kemerdekaan nanti, tampilan baru patung Bung Karno sudah bisa dilihat oleh masyarakat.


“Targetnya sebelum hari kemerdekaan sudah selesai, sehingga pasa agustusan bisa tampak baru,” tutupnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini