Breaking News

Proses Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan yang Diupayakan Melalui Jalur Udara Masih Terganggu Cuaca Buruk


Jambi, reporter.com - Evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongannya yang mengalami kecelakaan helikopter di kawasan hutan Muaro Emat, Kerinci, masih berlangsung. TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan Helikopter Super Puma H-3211 untuk membantu evakuasi tersebut.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan rencananya akan dievakuasi menggunakan helikopter Baharkam Polri dan helikopter dari Polda Sumatera.

Setelah tiba di Posko Bencana Provinsi Jambi, di eks Bandara Lama, Kapolda Jambi akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, saat ini proses evakuasi jalur udara masih terganggu cuaca yang buruk, sehingga menggangu jarak pandang.

Mulia menjelaskan, saat ini sudah ada tim medis yang berhasil dikirim ke lokasi Kapolda Jambi dan rombongan, melalui proses rappelling.

Sehingga, tim medis akan terlebih dahulu melakukan perawatan, sembari menunggu cuaca mendukung proses evakuasi jalur udara.

"Ya, ada dua heli yang siapkan, dari Baharkam Polri dan Polda Sumsel. Rencananya akan diterbangkan langsung ke Jambi," kata Mulia, Senin (20/2/2023).

Proses atau upaya evakuasi akan diupayakan hari ini.

"Diupayakan hari ini, tetapi masih menunggu instruksi dari pilot terkait cuaca, kalau sudah bisa terbuka, kita akan langsung masuk untuk evakuasi," sebutnya.

Diketahui, helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci. Minggu (19/2/2023).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto membenarkan adanya kejadian tersebut.

Ia menjelaskan Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 membawa Kapolda Jambi beserta rombongan itu dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Adapun penumpang Helikopter yang mendampingi Kapolda Jambi yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

"Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci," kata Mulia, Minggu (19/2/2023).

Ia menambahkan seluruh penumpang dalam keadaan selamat.

Saat ini, Tim SAR Polres Kerinci, helikopter dari Tim SAR dan helikopter Sinar Mas sudah menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang.

6 Petugas SAR Berhasil Mendarat

Setelah melakukan berbagai upaya, tim SAR yang menggunakan helikopter akhirnya bisa menjangkau lokasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci.

Tim SAR yang berhasil tersebut terdiri dari 6 personel, yang terdiri dari 2 tenaga medis, 2 brimob, dan 2 Basarnas, yang pergi ke lokasi dengan menggunakan helikopter milik PT WKS yang terbang dari KONI Kabupaten Merangin.


Dari informasi yang dihimpun Tribunjambi.com, dua tenaga medis yang berhasil tiba di lokasi langsung berupaya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.


Tim medis tersebut dilengkapi dengan berbagai macam obat-obatan, dan tabung oksigen, karena ada informasi bahwa Kapolda Jambi sempat mengalami sesak pada bagian dada.


RSUD Raden Mattaher Jambi Siapkan Ruang Khusus Untuk Perawatan Kapolda Jambi dan Rombongan


RSUD Raden Mattaher Jambi sudah mempersiapkan ruangan khusus untuk perawatan dari Kapolda Jambi beserta rombongan.


Hal ini disampaikan oleh Dirut RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Herlambang saat di posko crisis center Polda Jambi.


dr Herlambang menyebut bahwa meskipun belum dipastikan apakah nantinya Kapolda Jambi beserta rombongan akan di rawat di RSUD Raden Mattaher atau belum. Namun sebagai antisipasi pihaknya telah menyiapkan ruangan termasuk dokter.


"Iya kita sudah siapkan ruangan dan juga dokter spesialis bedah, anastesi dan juga dokter perawatan. 


Tapi memang kita masih koordinasi dengan pihak RS Bhayangkara apa nanti akan menggunakan ruangan mattaher atau seperti apa,"sebutnya, Senin (20/02/23).


Tim SAR bersihkan lokasi


Tim SAR yang menggunakan helikopter telah sampai ke lokasi keberadaan rombongan Kapolda Jambi. Selain mengecek kesehatan rombongan Kapolda Jambi, tim juga membersihkan lokasi agar evakuasi bisa dilakukan.


"Saat ini tim sedang membersihkan lahan di sekitar lokasi, seperti pohon. Hal itu agar alat bisa diturunkan untuk melakukan evakuasi," ujar Kasdim 0417 Kerinci, Mayor Inf Liswar.


Sebelumnya, satu unit helikopter Polri jenis Super Bell 3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, dikabarkan mendarat darurat di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023). (red.bs)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini