Ngawi, reporter.com-, Upaya menjaga kestabilan harga dan ketersediaan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan, Polres Ngawi melaksanakan pengecekan di Pasar Besar Ngawi Jln. Sultan Agung pada Kamis (23/02/23) sekira pukul 08.00 WIB.

Hal tersebut seperti dikatakan Wakapolres Ngawi Kompol S.H., S.I.K., M.M., saat melakukan pengecekan secara langsung bersama Sekdin Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yoga Yusianto, Kepala UPTD Pasar Besar Alfin.

“Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Polres Ngawi dalam rangka memastikan persediaan kebutuhan pangan dan harganya di pasaran masih stabil,” ujar Kompol Haryanto.

Ia menyebut kegiatan pengecekan persediaan pokok pangan dan harga di pasar ini dalam menindaklanjuti isu -isu terkait persediaan beberapa jenis bahan pangan mulai langka dan harga yang mahal.

“Jadi kami turun langsung untuk cek di pasar, ketersediaan bahan pangan,” jelas Wakapolres Ngawi.

Dari pantauannya, lanjut Kompol Haryanto didapati untuk persedian bahan pokok atau sembako masih cukup dan tidak terjadi kelangkaan.

Namun demikian lanjutnya, memang ada beberapa jenis kebutuhan pangan yang harganya naik, seperti beras premium 5 kg harganya Rp.62.000,-.

“Untuk harga beras tadi kami dapatkan informasinya ada sedikit kenaikan,” tambah Kompol Haryanto.

Patroli dialogis dengan masyarakat di pasar-pasar tradisional juga dilaksanakan oleh Polsek jajaran Polres Ngawi demi memastikan ketersediaan bahan pangan masyarakat masih normal dan mencukupi.

"Sesuai petunjuk dan arahan Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H bahwa anggota dan jajarannya untuk melakukan patroli dialogis di sejumlah pasar tradisional dalam rangka memastikan ketersediaan bahan pangan masyarakat masih normal dan mencukupi," lanjut Wakapolres Ngawi Kompol Haryanto.

Ia juga mengimbau agar para tengkulak atau pihak produsen tidak melakukan kecurangan dengan memanipulasi harga bahan pangan dengan memanfaatkan momen – momen tertentu.

“Kita kan baru saja bangkit dari pandemi Covid – 19, jadi kami mohon untuk tidak terjadi adanya manipulasi harga kebutuhan pokok pangan khususnya di wilayah hukum Polres Ngawi,” pungkas Kompol Haryanto. (red).