Breaking News

Sandiaga Uno Bersama PWNU DKI Memanen Hasil Budi Daya Ikan Lele.


Jakarta, reporter.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI memanen hasil budi daya ikan dalam ember lewat program 'Juragan Lele Lalap'. Hasil panen tersebut menghasilkan ratusan kilo lele dan omzet hingga belasan juta rupiah.
Sandiaga menjelaskan kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) dan Rumah Siap Kerja (RSK). Adapun panen dilakukan usai masa budi daya berlangsung tiga bulan.

"Alhamdulillah hasil panennya mencapai 470 kilogram dan di harga Rp 25 ribu per pack tadi menghasilkan Rp 15-17 juta," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu (8/1/2023).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur pada Sabtu (7/1), Sandiaga juga sempat membuat bumbu lele frozen sambil memakai apron (celemek) layaknya koki. Ia pun memberikan bantuan pasca panen berupa peralatan pengolahan ikan menjadi lele frozen dan pelatihan.

"Bukan hanya dinikmati para santri tapi juga membantu ekonomi di sekitar di mana kita berada. Dan ini juga proteinnya bisa meningkatkan intelektualitas dan daya ingat para santri untuk menghafal tambahan juz-juz sehingga insyaallah mereka bisa menjadi hafiz," jelasnya.
-ADVERTISEMENT-


Sebagai informasi, pada 9 Oktober 2022 lalu Sandiaga menyulap lahan tidur menjadi tempat budi daya ikan lewat program 'Juragan Lele Lalap' di Kantor Sekretariat PCNU Jakarta Timur. Ia memberikan bantuan 5 unit kolam bioflok, 50 unit budikdamber (budi daya ikan dalam ember), 6.000 ekor bibit ikan lele, pakan ikan lele, hingga bibit kangkung.

"Inilah konsep kegiatan yang menunjukkan Islam yang 'rahmatan lilalamin' bahwa lahan-lahan yang Allah berikan kita sulap menjadi lahan yang produktif," ungkapnya.


Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Jakarta Timur, KH Ibnu Mulkan menyebut program ini sangat bermanfaat. Ibnu berharap para pengurus NU bisa memasarkan hasil olahan ke warung-warung hingga supermarket.

"Saya anggap ini inovasi ya yang luar biasa dari Pak Menteri Sandi. Ini sangat membantu kami. Insyaallah kami akan bermitra terus, bersinergi terus," kata Ibnu.

Adapun kegiatan ini turut dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Wakil Ketua PWNU DKI KH Lutfi Hakim, KH Nurul Ghulam, KH Zainal Arifin Ghufron dan segenap jajaran PWNU, ketua MWC, dan ranting NU se-Jakarta Timur.

(red.Df)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini