Breaking News

Blitar Daerah sutojayan Kembali Diterjang Banjir Lagi.



Blitar, reporter.com – Banjir kembali terjadi di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Senin (14/11/2022). Kali ini banjir merendam 20 rumah warga di Rt 4 RW 4 Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Ketinggian air sendiri mencapai 20 hingga 30 centimeter. Selain merendam rumah warga, air juga merendam jalan, sehingga mengganggu aktivitas warga.

“Benar terjadi banjir tadi, air sempat masuk ke beberapa rumah warga tadi ketinggian airnya kurang lebih 20 hingga 30 centimeter,” kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ivong Bettryanto.

Banjir yang terjadi ini merupakan luapan air sungai Kebon yang berbeda di Rt 4 RW 4 Desa Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Sungai tersebut meluap setelah wilayah hulu sungai diguyur hujan lebat selama 1 jam lebih.

Sehingga air sungai meluap dan memasuki permukiman warga di satu RT yakni RT 4 RW 4.

“Banjir kali ini banjir luapan ya mas cuman jadi air sungai Meluap terus masuk ke permukiman warga” imbuhnya.

Akibat banjir tersebut aktivitas warga desa pun menjadi terganggu. Derasnya arus air luapan yang menggenangi jalan juga membuat para pengendara tidak berani melintas. Banjir yang terjadi kali ini juga membawa endapan lumpur yang membuat air banjir terlihat keruh.

“Ya aktivitas warga tadi sempat terganggu akibat banjir tersebut” imbuhnya

Banjir di desa Bacem ini merupakan yang ke 2 kali nya usai beberapa bulan lalu wilayah tersebut juga terendam banjir yang cukup parah. Kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Blitar telah berada di lokasi banjir.

Proses pendataan korban bencana banjir juga mulai dilakukan oleh BPBD kabupaten Blitar. BPBD Kabupaten Blitar juga telah bersiap melakukan evakuasi jika banjir terus meningkat, no fokus saat ini yang menangani pembersihan saluran sungai agar Banjir cepat surut.

“Ini kami sudah di lokasi untuk melakukan assessmen dan pembenahan saluran sungai agar air cepat surut” pungkasnya. (red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini