KEDIRI,  reporter.web.id  - Ratusan peserta Kompetisi Akademik 2024 akan mengikuti babak final hari ini. Mereka terpilih setelah meraih nilai tertinggi di antara ribuan peserta di babak penyisihan. Di final, siswa akan berkompetisi dan menguji kemampuan literasi serta numerasinya.

Pengerjaan soal akan dilakukan serentak bersama peserta lain tiga jenjang dari Kota Kediri, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Nganjuk. Jika babak penyisihan digelar di masing-masing sekolah, babak final diselenggarakan di aula lantai dua Gedung E Kampus Uniska, di Jl Sersan Suharmaji, Kelurahan Manisrenggo, Kota Kediri.

“Yang lolos ke babak final ini adalah 25 anak dari masing-masing jenjang, dan masing-masing daerah. Sehingga total peserta hari ini sekitar 225 siswa,” ujar Ketua Panitia Kompetisi Akademik Jawa Pos Radar Kediri 2024 Endro Purwito.

Lebih jauh Endro menjelaskan, teknis pelaksanaan babak final tak berbeda jauh dari babak penyisihan. Siswa akan mengisi jawaban pada lembar jawaban komputer (LJK) digital yang tautannya akan dibagikan panitia sebelum babak final dimulai.

“Jadi mohon semua peserta membawa handphone masing-masing. Dan pastikan gawai dalam kondisi siap untuk dipakai mengerjakan soal. Seperti baterai sudah terisi dan memiliki jaringan internet,” pesannya.

Peserta—lanjut Endro—bisa mulai menuju ke lokasi pelaksanaan babak final sebelum pukul 07.30. Sebab, registrasi peserta akan dimulai pukul 07.00 – 07.30. “Sebelum jam 07.00 diharapkan sudah hadir di lokasi,” pintanya.

Untuk diketahui, Kompetisi Akademik 2024 ini bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Neutron Yogyakarta. Perwakilan dari Neutron Yogyakarta Sutanto mengatakan, jenis dan bentuk soal di babak final ini tidak berbeda dari babak penyisihan sebelumnya. Hanya saja, bobot soal atau level kesulitan akan lebih tinggi pada babak final ini.

Peserta bisa memaksimalkan waktu pengerjaan selama dua jam untuk mengerjakan soal sebaik-baiknya. “Karena ini babak final, semaksimal mungkin siswa diharapkan bisa mengerjakan sesuai kemampuannya. Jadi bukan sekadar menjawab karena tujuannya untuk melihat kemampuan siswa seperti apa,” jelas kepala Cabang Neutron Kediri itu.

Pria yang akrab disapa Tanto itu menambahkan, waktu pengerjaan dua jam itu sudah disesuaikan dengan jumlah soal. Jadi, jenjang SD hingga SMA dan sederajat, rentang soal yang akan dikerjakan berkisar 70 – 85 butir soal.

Selama babak final berlangsung, pihaknya juga akan menyiagakan tim teknis di lokasi. Pun dengan pengawas yang akan mengawasi jalannya babak final tersebut. Nantinya, tiga juara dari masing-masing jenjang dan wilayah akan diumumkan di hari yang sama setelah pengerjaan soal berlangsung. “Diharapkan siswa bisa mengerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Sehingga hasil itu murni dari kemampuan anak di babak final ini,” tandasnya.(Red.Tim)