Kediri, reporter.web.id- Timnas Indonesia U-16 harus mengubur mimpi ke final Piala AFF U-16 2024. 10 pemain Garuda Muda dikalahkan Australia 3-5.

Indonesia bentrok dengan Australia di semifinal Piala AFF U-16. Pertandingan digelar di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Empat gol tercipta di babak pertama dengan kedudukan berimbang 2-2. Indonesia bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-27 lewat kartu merah Raihan Apriansyah.

Australia menambah tiga gol di babak kedua, sementara Indonesia hanya mampu bikin satu gol tambahan. The Socceroos menang 5-3 dan lolos ke final Piala AFF U-16 2024 menantang Thailand.

Sementara itu, Indonesia harus puas bertarung di laga perebutan tempat ketiga kontra Vietnam. Duel dijadwalkan Rabu (3/7) sore WIB di Stadion Manahan.

Jalannya Pertandingan


1-0! Indonesia langsung mencetak gol tiga menit pertandingan berjalan. Muhammad Zahaby Gholy mencatatkan namanya di papan skor.

Gholy menanduk masuk umpan silang Mathew Baker di depan gawang Australia. Indonesia U-16 memimpin 1-0.

Australia melancarkan serangan bertubi-tubi guna mengejar ketertinggalan. Kiper Indonesia, Nur Ichsan, kerja keras menahan tembakan-tembakan on target lawan.

Peluang emas didapat Australia pada menit kesepuluh. Jordan Graoroski lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Bola tembakannya bisa diblok Nur Ichsan.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-14. Bola tendangan Mochamad Mierza di depan gawng dapat ditepis keluar kiper Australia, Jai Ajanovic.

PENALTI! Australia mendapat hadiah 12 pas di menit ke-20. Ada pelanggaran yang dilakukan penggawa Indonesia di kotak terlarang.

DIBATALKAN! Wasit menganulir penalti Australia setelah koordinasi dengan Video Assistant Referee (VAR). Australia hanya mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti.

1-1! Australia memaksimalkan tendangan bebas dengan sempurna. Amlani Tatu selaku eksekutor mengirim bola masuk ke gawang dan mengubah skor seimbang 1-1.

Australia lebih leluasa menyerang pertahanan Indonesia dengan keunggulan jumlah pemain. Bola sepakan jarak jauh Tatu di menit ke-39 dapat ditepis keluar Nur Ichsan.

1-2! Australia menambah gol di injury time via Quinn Macnicol. Dia menyambar masuk bola muntah tepisan Nur Ichsan di kotak penalti.

2-2! Indonesia mampu menyamakan kedudukan jelang turun minum. Bola tembakan voli jarak jauh Gholy menjebol gawang Australia untuk kedua kalinya dan membuat skor berubah 2-2 di akhir babak pertama.

Australia melancarkan serangan memasuki babak kedua. Bola tendangan jarak jauh MacNicol di menit ke-50 melayang tipis di atas mistar gawang Indonesia.

Garuda Muda tetap bisa melancarkan serangan meski bermain dengan 10 pemain. Namun belum ada peluang emas tercipta hingga menit ke-60.

2-3! Australia yang berhasil mencetak gol di menit ke-65. Tatu mencetak brace lewat bola tembakan first time di kotak penalti dan membawa The Socceroos unggul 3-2.

2-4! Australia kembali membobol gawang Indonesia di menit ke-70. Pemain pengganti, Anthony Didulica, mencetak gol tap-in dari umpan tarik dan membawa timnya memimpin 4-2.

2-5! Indonesia lagi-lagi harus memungut bola di menit ke-85. Didulica mencetak gol keduanya di laga ini dengan bola tandukan on target. Australia menjauh 5-2.

Keributan kecil terjadi jelang injury time akibat pelanggaran Dafa Zaidan ke pemain Australia. Skor 5-2 untuk The Socceroos jadi hasil akhir pertandingan.

3-5! Indonesia mencetak gol tambahan di injury time melalui pemain pengganti Josh Holong. Skor berubah 5-3 masih untuk keunggulan Australia yang menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain


Indonesia U-16: Nur Ichsan; Putu Panji, Mathew Baker, Evandra Florasta, Muhamad Gholy, Azriel Syahdan, Mochamad Mierza, Fadly Alberto, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah.

Australia U-16: Jai Ajanovic; Malual Kuir, Jayden Necovski, Christian Puellella, Alexander Bolton, Jordan Graoroski, Nickolas Alfaro, Amlani Tatu, Alexander Garbowski, Jay Malts, Quin Macnicol.(red.J)