Parepare,reporter.web.id- Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) Taufan Pawe dan Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) melakukan penjajakan koalisi untuk Pilwalkot Parepare. Kedua belah pihak disebut sama-sama kekeh mengusung bakal calon wali kota, bukan sebagai wakil.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma. Dia mengatakan TP dan RMS melakukan pertemuan sebelum lebaran untuk membahas calon usungan masing-masing di tiap daerah di Sulsel, termasuk untuk Pilwalkot Parepare.

"Pertemuannya sebelum Idul Adha. Ya ini bahas Pilkada di Sulsel," kata Mustaqim Musma kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

"Kan ada juga kita usung kader Golkar di Maros, Barru dan Palopo sebagai wakil. Jadi mempermantap koalisi itu," tuturnya.

Taqim mengatakan Pilwalkot Parepare turut disinggung dalam pertemuan tersebut. Di Pilkada Parepare, NasDem dan Golkar masing-masing memiliki bakal calon wali kota tersendiri.

Golkar mendorong istri TP yang juga Ketua Parepare Erna Rasyid Taufan, sedangkan NasDem merekomendasikan Tasming Hamid (TSM). Namun Taqim menyebut TP maupun RMS belum sampai pada tahap pembicaraan berencana menduetkan calon usungan masing-masing di Pilwalkot Parepare.

"Ada pembahasan terkait Pilwalkot Parepare. Cuman ini belum ketemu kan karena masing-masing mau 01 begitu," terang Taqim.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Harian Golkar Parepare Kaharuddin Kadir mengatakan pertemuan antara TP dan RMS merupakan hal yang wajar. Dia tidak menampik pertemuan keduanya membahas terkait Pilkada Sulsel.

"Ada pertemuan Pak Taufan dengan Pak RMS di Jakarta itu memang betul. Dan kami nilai pertemuan itu wajar sebagai ketua partai provinsi dalam membahas Pilkada di Sulsel," kata Kaharuddin.

Namun Kaharuddin mengaku TP dan RMS tidak membicarakan spesifik terkait Pilkada Parepare. Dia juga menepis soal rencana pimpinan parpol itu menduetkan Erna dan Tasming.

"Pak Taufan menyampaikan, sekaligus menegaskan bahwa tidak ada permintaan kepada Pak RMS seperti itu (menawarkan Erna Rasyid sebagai wakil Tasming). Kami tegaskan, itu tidak benar," kata Kaharuddin Kadir.

Dia menegaskan Golkar Parepare siap bertarung di Pilkada Parepare. Apalagi Golkar telah memenuhi syarat lima kursi untuk mengusung Ketua Golkar Parepare Erna Rasyid Taufan di Pilkada Parepare maju 01 atau calon wali kota.

"Kita (Golkar) siap bertarung di Pilkada Parepare dengan mempersiapkan Ibu ketua (Golkar) Erna Rasyid Taufan calon wali kota Parepare," pungkasnya.(red.J)