reporter.web.id - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate mengakui timnya berusaha payah kalahkan Serbia. Maka dari itu, ia bersyukur Three Lions dapat tiga angka.

Inggris mengawali kiprah di Piala Eropa 2024 dengan mengalahkan Serbia 1-0 pada laga Grup C di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Senin (17/6/2024) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Tiga Singa lahir melalui Jude Bellingham pada menit ke-13.

Kemenangan ini tak datang dengan mudah ke tangan Inggris. Serbia mampu memberikan perlawanan sengit.

Inggris memang unggul penguasaan bola 54 persen dibanding 46 persen milik Serbia. Namun, mereka tak sepenuhnya bisa leluasa menyerang.

Harry Kane dkk hanya bikin lima tembakan dengan tiga mengarah ke gawang. Serbia juga bisa menekan Inggris terutama di babak kedua.

Hal itu memaksa Three Lions memilih bermain lebih bertahan. Pertahanan Inggris tampil solid hingga bisa mempertahankan keunggulan hingga laga tuntas.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengakui bahwa tim asuhannya harus bersusah payah meraih kemenangan. Ia mengungkap bermain bertahan selepas jeda jadi keputusan yang sangat bijak untuk mengamankan kemenangan.

Berkaca dari laga ini, Southgate menyebut Serbia tim yang kuat. Maka dari itu, ia bersyukur Inggris bisa meraih tiga angka.

"Mereka adalah tim yang kuat. Kami harus sedikit menderita, yang menurut saya sangat baik bagi kami. Saya pikir bertahan di kotak penalti seperti yang kami lakukan adalah hal yang sangat baik bagi kami," ujar Southgate dikutip dari BBC.

"Saya sangat senang dengan banyak hal soal permainan. Babak kedua kami tidak bisa menjaganya sebaik yang saya inginkan. Namun meraih kemenangan sangatlah penting," jelasnya.

Kemenangan atas Serbia membuat Inggris berada di puncak klasemen Grup C dengan tiga angka. Mereka unggul dua poin dari Denmark dan Slovenia di urutan kedua.(red.J)