Breaking News

Polisi Tangkap Sindikat Curanmor Jakarta-Karawang, Sehari Bisa Curi 4 Motor

  


JAKARTA, reporter.web.id - Polisi mengamankan sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang beraksi di sejumlah wilayah di Jakarta dan Karawang, Jawa Barat. 

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Chandra Mata Rohansyah, mengatakan, ada enam orang yang diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, yakni MRMN (27), RK (26), FH (19), W (34), N (27) dan C (39). 

"(Pelaku melakukan aksi curanmor sudah) lebih dari 50-100 kali dengan hasil 3-4 motor setiap harinya," ujar Chandra dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Chandra menjelaskan, para pelaku teridentifikasi setelah Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) memeriksa rekaman closed circuit television (CCTV) di sejumlah titik di wilayah Senen, Jakarta Pusat.

Berbekal rekaman CCTV tersebut, MRMN dan RK pun diamankan pada Senin (28/5/2024) sekitar pukul 01.10 WIB. Sehari setelahnya, polisi mengamankan empat pelaku lainnya.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan 11 motor hasil curian. Beberapa motor ini ditemukan terparkir di stasiun, yaitu Stasiun Senen dan Stasiun Palmerah.

"Dari keterangan pelaku, setiap berhasil melakukan aksi pencurian, hasil motor selalu dititip di tempat parkiran terdekat," jelas Chandra. 

Usai menitipkan motor hasil curian di parkiran stasiun, pelaku kembali melakukan aksinya hingga terkumpul 3-4 motor. Motor-motor yang sudah terkumpul pun dijual ke penadah di daerah Karawang, Jawa Barat.

Selain itu, dalam kasus ini, polisi juga mengamankan sebuah pistol "dompis" atau pistol mainan dari pelaku. Terdapat pula sejumlah perkakas seperti kunci Y yang digunakan pelaku untuk menggasak motor.

Atas tindakannya, para pelaku diancam dengan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan jo Pasal 480 KUHP.(red.J)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini