Pinrang, reporter.web.id - Wakil Ketua DPD II Golkar Pinrang Amri Manangkasi mengungkap Gerindra, Golkar dan Demokrat sepakat mendukung Jaya Baramuli dan Usman Marham di Pilkada Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketiga partai tersebut ingin membentuk poros baru melawan mantan bupati Pinrang Andi Irwan Hamid yang akan kembali maju.

"Benar, ada pertemuan tiga ketua partai besar di Pinrang yakni Gerindra, Golkar dan Demokrat sehari sebelum Idul Adha untuk membahas Pilkada Pinrang," kata Amri Manangkasi kepada detikSulsel, Selasa (18/6/2024).

Amri mengatakan pertemuan Ketua Gerindra Pinrang Abdy Baramuli, Ketua Golkar Pinrang Usman Marham dan Ketua Demokrat Pinrang Muhtadin berlangsung di salah satu cafe di Pinrang, Minggu (16/6). Ketiga ketua partai tersebut sepakat membuat poros baru melawan Andi Irwan Hamid.

"Jadi Gerindra dan Golkar ketemu dan pertemuan secara umum menyepakati kita semua satu poros untuk Jaya Baramuli-Usman Marham," jelasnya.

Amri menuturkan pembentukan poros baru ini karena ada surat tugas dari Demokrat memasangkan Jaya Baramuli-Usman Marham. Hal tersebut menjadi dasar untuk menindaklanjuti lahirnya poros baru.

"Kan begini, Demokrat sudah keluar surat tugas untuk pasangan Jaya-Usman. Ini paket. Jadi makanya kami setuju membuat poros baru," paparnya.

Lebih lanjut, Amri mengatakan arah poros ini belum mengunci atau menentukan Jaya Baramuli atau Usman Marham sebagai 01. Penentuan 01 atau 02 baru akan dibahas lebih lanjut di pertemuan berikutnya.

"Kita akan mantapkan di pertemuan selanjutnya dan finishnya begitu untuk berpasangan," bebernya.

Jubir Golkar Pinrang ini juga menegaskan selain Gerindra, Golkar dan Demokrat, masih ada partai lain yang dipastikan ikut bergabung. Poros ini kata Amri memang bertujuan agar bisa terbangun kekuatan besar untuk bisa terjadi head to head melawan petahana.

"Ada PKB, Hanura, Gelora dan PDIP. Pembicaraannya masuk ke tahapan satu poros bersama kami juga. Jadi memang harapannya ini bisa berkumpul kekuatan besar untuk bisa head to head melawan petahana," imbuhnya.

Untuk diketahui, gabungan koalisi dari 3 parpol ini sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Pinrang dengan total 15 kursi dari syarat 8 kursi. Gerindra memiliki 6 kursi, Golkar ada 6 kursi dan Demokrat punya 3 kursi.(red.J)