reporter.web.id - Media Vietnam BGTV meremehkan peluang Timnas Indonesia untuk mendapatkan tiket Piala Dunia 2026. Mereka mengatakan bahwa hanya keberuntungan yang bisa membuat Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Zona Asia.

Semua orang tahu bahwa Timnas Indonesia adalah satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang bisa masuk ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026. Tim-tim lain, seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia, harus berhenti di putaran kedua.

Pada putaran ketiga, Timnas Indonesia baru akan mengetahui lawannya besok. Sebab, drawing atau undian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia baru akan digelar di di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 27 Juni 2024 pukul 14.00 WIB.

Jelang drawing itu, media Vietnam, BGTV, menyoroti kans Timnas Indonesia untuk tembus putaran final Piala Dunia 2026. Mereka pun ragu hal itu bisa tercapai karena penampilan Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sendiri dinilai tidak optimal.

Bahkan, BGTV menyebut Timnas Indonesia bisa lolos putaran ketiga karena salah satu lawannya, yakni Timnas Vietnam, mengalami penurunan performa di bawah asuhan pelatih anyar, Philippe Troussier. Jika hal itu tak terjadi, Timnas Indonesia dinilai sulit lolos ke putaran ketiga.

“Impian Piala Dunia 2026 Asia Tenggara kini bertumpu sepenuhnya di pundak Timnas Indonesia,” tulis judul BGTV, dikutip Rabu (26/6/2024).

“Namun, sulit bagi Indonesia untuk menciptakan hasil yang lebih positif dibandingkan wakil ASEAN sebelumnya,” lanjutnya.

“Melihat dari putaran kedua, Indonesia beruntung karena lawan beratnya, Vietnam, mengalami penurunan dan krisis di bawah asuhan Phillipe Troussier,” jelas BGTV.

“Peluang emas dimanfaatkan Indonesia untuk meraih seluruh 6 poin dalam 2 pertemuan dengan Vietnam. Jadi, kalau saja Vietnam tidak labil dan bertahan hampir setahun, kemungkinan besar kita yang masuk ke putaran ketiga dan bukan Indonesia. Peluang ikut Piala Dunia 2026 bersama Indonesia hanya sebatas teori," sambungnya.

Kemudian, BGTV pun turut mengungkit kegagalan Timnas Indonesia U-23 dalam merebut tiket Olimpiade Paris 2024. Kondisi yang sama dinilai bisa turut dialami Timnas Indonesia dalam memperebutkan tiket Piala Dunia 2026 nanti.

"Lihat saja Timnas Indonesia U-23 yang lebih dari separuh skuadnya bermain untuk timnas senior, kehilangan tiga peluang merebut tiket Olimpiade Paris 2024 silih berganti untuk melihat seberapa besar kesenjangan keahlian antara tim ini dan papan atas Asia,” tulis BGTV.

"Di pertandingan playoff melawan wakil Afrika Guinea, Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya kembali kalah, kehilangan peluang untuk membuat sejarah," tukas media Vietnam itu.(red.J)