Sleman,reporter.web.id - DPD PDIP Jakarta telah mengusulkan nama Anies Baswedan beserta kandidat calon Gubernur Jakarta lainnya kepada DPP. Politikus PDIP Ganjar Pranowo mengatakan setiap kandidat kepala daerah yang mendaftar di partainya pasti melewati banyak proses.

"Ya semua sebenarnya setiap mau Pilkada rekrutmen di PDI Perjuangan terbuka. Ada disiapkan kader sendiri, ada biasanya yang non kader juga mendaftar," kata Ganjar usai salat Idul Adha di Sleman, Senin (17/6/2024).

"Pasti akan melalui proses, satu rekruitmen mereka mendaftar, nanti proses seleksi. Itulah proses-proses pertimbangan yang akan diambil dan sekarang masih berjalan. Maka kita tinggal tunggu aja nanti," sambungnya.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu juga mengatakan bahwa PDI Perjuangan terbuka untuk semua. Jika nantinya partai yang identik dengan banteng bermoncong putih itu mengusung calon dari luar kader maka akan ada sejumlah kesepakatan.

"Seandainya kita mendukung atau mengusung calon dari luar apa kemudian kesepakatan yang bisa kita ambil, nilai-nilai demokrasi lah, secara ideologis lah. Bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah lah, agar kemudian politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten," ujarnya.

Ganjar melanjutkan, terkait dengan sosok Anies, menurutnya masih perlu diobrolkan, Jika nantinya tidak ada kecocokan antara PDIP dengan Anies maka tidak perlu dipaksakan. "Itu yang musti diobrolkan, dan mudah-mudahan bisa bernegosiasi, tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak dipaksakan," pungkasnya.(red.J)