Breaking News

Modus Baru Curanmor Pakai Gunting di Surabaya, Polisi Ingatkan Warga

  



reporter.web.id - Aparat kepolisian menemukan pelaku pencurian kendaraan sepeda motor (curanmor) di Surabaya hanya bermodalkan sebuah gunting. Masyakat diminta selalu waspada.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Teguh Setiawan mengatakan, salah satu pelaku curanmor yang menggunakan gunting tersebut berinisial DP, warga Surabaya.

"Ada kejadian yang kita tidak sangka, pelaku hanya bermodalkan gunting, sudah bisa melakukan pencurian jenis roda dua," kata Teguh di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (11/6/2024). 

Pelaku menemukan sebuah sepeda motor, Yamaha RX King berada di parkiran tempat makan, Jalan Urip Sumoharjo, Genteng. Ketika itu, kendaraan tersebut dalam kondisi tidak dikunci stang.

"Mereka (para pelaku) ini mencari kendaraan roda dua yang tidak dikunci stir atau mungkin ada yang dipaksa supaya bisa rusak. Kemudian kabelnya dipotong dengan gunting," jelasnya.

Selanjutnya, pelaku menuntun sepeda motor yang sudah dirusak tersebut menjauhi lokasi. Tak jauh, dia kembali menyambungkan kabel yang sudah dipotong dan langsung melarikan diri.

 "Dia (pelaku) sudah belajar untuk menyambungkan kunci kontak itu, akhirnya kendaraan bisa hidup dan dibawa dengan mudah," ujarnya. 

Dengan demikian, Teguh mengingatkan masyarakat turut mengamankan sepeda motornya. Sebab, para pelaku pencurian memiliki banyak cara mengambil kendaraan.

 "Silahkan ditambah kunci pengaman, baik kunci gembok atau di (bagian) rem, atau kunci ganda, sehingga mempersulit pelaku curanmor. Banyak kejadian korban lupa mengunci stang," ucapnya.

 Sementara itu tersangka curanmor, DP, mengaku mendapatkan ide mencuri kendaraan menggunakan gunting tersebut, ketika masih bekerja di sebuah bengkel sepeda motor.

"Idenya dari saya sendiri, pernah kerja di bengkel. Baru satu kali ini (mencuri), belajar sendiri," kata DP.

DP mengatakan, aksinya tersebut dimudahkan oleh korban yang tidak mengunci stang kendaraannya. Oleh karena itu, dia langsung menggunting kabel starter dan membawa sepeda motor pergi. 

"Setelah dipotong kabel kontaknya terus disambung, langsung hidup, enggak dikunci stang. Kabelnya kecil," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap sebanyak 15 pelaku curanmor dalam waktu sepekan terakhir di Surabaya. Total, mereka melakukan aksinya di 29 lokasi berbeda.

Kompol Teguh Setiawan mengatakan, belasan pelaku curanmor tersebut ditangkap anggota Polsek jajaran serta bawahannya di Unit Resmob. 

"Resmob tangkap 4 tersangka, Polsek Genteng 6 tersangka, Polsek Tambaksari 3 tersangka, serta Polsek Wonocolo 2 tersangka," kata Teguh di markasnya, Senin (10/6/2024).(red.J)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini