Indramayu, reporter.web.id - Pesisir Utara Indramayu memiliki sejumlah wisata pantai yang cocok dikunjungi. Salah satunya Pantai Bali 2. Di sini ada keindahan tersendiri yang ditawarkan.

Pantai Bali 2 yang merupakan singkatan dari Balongan Indah 2 ini berada di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Letaknya yang tak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Indramayu membuat menjadi salah satu destinasi wisata pantai favorit.

"Kita tidak berani mengatakan ini Bali 1 karena Bali 1 biarkan itu menjadi milik Pulau Bali. Kita di Indramayu dengan konten Bali 2 ini sehingga mendapatkan manten positif biar di Pulau Bali ada di Indramayu juga ada," kata pengelola Pantai Bali 2, Akso Surya Darmawangsa, Selasa (18/6/2024).

Selain pesona lautnya, sentuhan ragam kultur di setiap ornamen pada area pantai menambah keindahan wisata Bali 2. Tak hanya seperti Pulau Dewata, area spot foto yang tersedia juga mengadopsi berbagai budaya daerah lainnya.

Suasana di Pantai Bali 2 Indramayu. (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar)
Konsep ragam kultur dari berbagai daerah diadopsi secara bertahap sejak tahun 2016. Selain khas Indramayu, di Pantai Bali 2 menerapkan berbagai ciri khas budaya di Nusantara, dari Banten hingga Papua.

"Ya, konsepnya kita coba akulturasi budaya. Jadi kayak gapura saja kita tidak kebali-balian, tapi ada Papua, Banten, ada Purwakarta, itu semua masuk bahwa kita mengadopsi atau akulturasi budaya di wilayah Indonesia ini agar masuk ke Pantai Bali 2," ujar Akso.

Selain itu, suasana ramah anak turut diciptakan di Bali 2. Sejumlah spot permainan anak tersedia untuk memanjakan buah hati para pengunjung.

Sehingga, pengunjung yang datang selalu sering terpikat dengan keindahan konsep akulturasi budaya di pantai tersebut. Mereka banyak mengutamakan berswafoto sebelum menikmati pesona pantai Balongan.

Suasana di Pantai Bali 2 Indramayu. (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar)
Di era gawai canggih seperti saat ini, pantai Bali 2 kian menjadi buruan wisawatan. Informasi yang mudah tersebar menambah jumlah pengunjung di Pantai Bali 2 setiap tahunnya, terlebih pada saat momen liburan.

"Sekarang ini kan dunia gadget ya, jadi ibu-ibu itu berselfie duluan sebelum anak-anaknya. Kalau dulu anak-anak dulu yang minta foto sekarang sudah terbalik. Era pariwisata ini berbeda dengan era 10 tahun yang lalu," ungkapnya.

Utari (31) misalnya, salah seorang pengunjung asal Jatiwangi, Kabupaten Majalengka mengaku sengaja datang karena penasaran, terutama setelah melihat sejumlah postingan rekan-rekannya.

Bersama keluarga besarnya, Utari memilih Pantai Bali 2 sebagai tempat liburan. "Bareng keluarga besar. Sudah 2 kali (berkunjung)," kata Utari.

Keindahan wisata Bali 2 dinilai tidak membuat kocek pengunjung jebol. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut Indramayu dengan menyewa perahu.

Tidak hanya itu, deretan saung yang tersebar di sejumlah titik menambah kenyamanan bagi pengunjung. Sehingga, mereka bisa menikmati liburan bersama keluarga. Bahkan, pengunjung bisa menikmati ragam kuliner khas Indramayu.

"Bagus sih, nyaman. Nggak menguras kantong (tarifnya). Ya pertama ke sini kan baru tahu. Ngajak keluarga ya nikmati suasana baru aja," katanya.