Jakarta,reporter.web.id - Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan (Jaksel), kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H hari ini. Total ada tujuh ekor sapi yang bakal disembelih.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (18/6/2024) pagi, satu per satu sapi digiring ke tempat penyembelihan. Selanjutnya dilakukan akad dari pemilik hewan kurban. Kemudian proses penyembelihan pun dimulai seraya dilantunkan kalimat takbir.

"Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, walillahil hamd." Terdengar suara lantunan penyembelih diikuti pemilik hewan kurban.

Kepala Kantor Masjid Al-Azhar Tatang Komara menyampaikan jumlah sapi hari ini mengalami penambahan.

"Insya Allah tujuh ekor sapi, ada penambahan dari kemarin sore yang semula enam ekor sapi," kata Tatang kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

Tatang mengatakan tujuh ekor sapi tersebut dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Setelah dilakukan penyembelihan, daging kurban akan langsung dibagikan.

"Ini satu lembaga dari HIPMI syariah. Kita targetkan Zuhur selesai pembagiannya sistem DO (drop out). Dari HIPMI dibawa ke areanya, dari Al-Azhar dibawa ke areanya," ujarnya.

Pada Lebaran Idul Adha 1445 H tahun ini, total ada tujuh belas ekor sapi dan 29 ekor kambing yang disembelih di Masjid Agung Al-Azhar. Salah satunya sapi 700 kilogram milik Gibran Rakabuming Raka yang sudah disembelih kemarin.

"Total dengan kemarin ada tujuh belas sapi, dan kambingnya ada 29 ekor," tuturnya.(red.J)