reporter.web.id - Jalan kaki 20 menit dengan langkah cepat terbukti memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Bahkan, dilansir dari Very Well, jalan kaki 20 menit setiap hari dengan cepat bisa mengurangi risiko kematian dini sebanyak 30 persen. 

Studi yang dilakukan pada lebih dari 334.000 pria dan wanita di Eropa menunjukkan, penyebab kematian dua kali lebih banyak disebabkan karena gaya hidup kurang gerak. Dengan berjalan kaki 20 menit setiap hari, Anda akan keluar dari kategori "tidak aktif".

Lantas, apa saja manfaat jalan kaki 20 menit?

Manfaat jalan kaki 20 menit 
Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh: 

1. Meningkatkan kekuatan otot 
Jalan kaki 20 menit bisa membangun kekuatan otot yang biasanya didapatkan dengan berolahraga di pusat kebugaran atau gym. Dikutip dari Toms Guide, jalan kaki memperkuat otot-otot tubuh di bagian bawah, seperti pinggul, paha belakang, paha depan, dan betis. 

Manfaat ini penting lantaran bertambahnya usia kekuatan otot semakin berkurang. Biasanya, untuk menjaga massa otot, seseorang melakukan angkat beban. Namun, jalan kaki juga berkontribusi terhadap pembebanan osteogenik, yaitu proses pembebanan tulang untuk merangsang pertumbuhan massa otot.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh 
Jalan kaki akan mengeluarkan energi yang dapat membantu membakar kalori dan meningkatan metabolisme tubuh. Tak hanya meningkatkan metabolisme, jalan kaki juga membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Pasalnya, jalan kaki akan merangsang pelepasan hormon endorfin yang memberikan rasa bahagia. 

3. Menjaga kesehatan jantung 
Jalan kaki adalah aktivitas paling sederhana yang mampu menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari Think Health, dua penelitian jangka panjang di Harvard menemukan bahwa berjalan kaki 20 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30 persen.(red.J)