JAKARTA,reporter.web.id - Menurut Ahmad Ali, Wakil Presiden Partai NasDem, Presiden Jokowi belum menyebutkan nama Ketum PSI Kaesang Pangarep kepada partai-partai. Menurut Mad Ali, ada lebih banyak partai yang bergabung dengan Jokowi.

"Yang ada biasanya partai mendekat ke Pak Jokowi, bukan Pak Jokowi mendekat ke partai," kata Mad Ali di DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).

"Tapi sejauh ini saya belum mendengarkan itu, saya kebetulan juga mendapat dukungan dari PSI dan saya sempat berdialog dengan Mas Kaesang ya belum ada tanda ke situ," sambungnya.

Meski demikian, Mad Ali menyampaikan Kaesang telah memenuhi syarat untuk maju di Pilgub Jakarta. Mad Ali mengatakan Kaesang merupakan Warga Negara Indonesia yang berhak mencalonkan diri.

"Kaesang memenuhi syarat karena dia Warga Negara Indonesia, dan UU telah mengamandemen dan dia memenuhi syarat, kecuali menjadi masalah kalau dia warga negara China," ujarnya.

Lebih lanjut, Mad Ali mengatakan Kaesang sebagai ketua umum partai memiliki hak konstitusi untuk memutuskan calon yang akan diusung di Pilgub. Mad Ali menegaskan pasangan calon Pilkada diusung oleh parpol, bukan Jokowi.

"Jadi jangan kita menafsirkan setiap karena dia anaknya presiden terus kemudian kita selalu justifikasi ke Jokowi nya," ujarnya.

"Yang mengusung itu bukan Jokowi tapi parpol, sekuat apapun Pak Jokowi melakukan 'cawe-cawe' seperti itu kalau kemudian parpol memiliki prinsip dan ideologi ya kenapa harus tergantung dengan itu," imbuh dia.

PKS Sebut Kaesang Disodorkan ke Parpol
Sebelumnya, perihal klaim Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang di Pilkada itu disampaikan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi. Ia awalnya menanggapi isu Jokowi yang bakal cawe-cawe dalam Pilgub Jakarta. Aboe Bakar menilai Jokowi sudah cawe-cawe alias terlibat dalam pilkada.

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampe nanti, biasa, jadi nggak ada masalah biar aja," kata Habib Aboe Bakar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Habib Aboe lalu membahas Kaesang Pangarep yang belakangan ramai akan maju di Pilkada Jakarta. Dia mengaku mengetahui Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta.

"Sudah-sudah sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan, kita lihat saja," ujar Habib Aboe.(red.J)