JAKARTA, reporter.web.id - Pihak kepolisian menjelaskan alasan sekuriti Plaza Indonesia (PI) Nasarius mengapa memukul anjing K9. Menurut Kapolsek Menteng Kompol Bayu Marfiando, anjing K9 bernama Fey tersebut hilang kendali dan berupaya menerkam anak kucing. 

“Di mana kejadian pertama bahwa anjing ini akan menerkam kucing, maka dilakukan penyelamatan oleh rekan kita, Nasarius,” ucap Bayu Marfiando dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024). 

Bayu menjelaskan, polisi telah melakukan penyelidikan pada Sabtu (8/6/2024) lalu. 

Setelah memintai keterangan dari pihak PI dan vendor penyedia jasa keamanan K9, diketahui bahwa dua video yang beredar di media sosial masih satu rangkaian yang sama. 

Selain itu, Bayu menyebut tidak ada rekayasa pada dua rekaman video tersebut. 

Video yang diambil oleh pengunjung memperlihatkan peristiwa sekuriti memukul anjing selang beberapa menit kejadian penerkaman anak kucing. 

Bayu menyebut Nasarius memukul Fey karena ingin memberikan "koreksi" atau pelajaran. 

“Namun, setelah dilakukan pemeriksaan kepada anjingnya tidak ditemukan luka-luka yang membahayakan,” kata Bayu menegaskan. 

Berdasarkan hasil analisis kepolisian dan kesepakatan pihak-pihak yang hadir dalam mediasi, video yang beredar dinyatakan bukan suatu rekayasa.(red.J)