reporter.web.id - Jude Bellingham jadi pahlawan Inggris di laga perdana Piala Eropa 2024. Beberapa rekor dipecahkan bintang Real Madrid tersebut.
Timnas Inggris bentrok dengan Serbia pada matchday pertama Grup C Euro 2024. Duel berlangsung di Veltins Arena, Senin (17/6) dini hari WIB.

Pasukan Gareth Southgate menuntaskan laga dengan kemenangan 1-0. Gol semata wayang Inggris dicetak Bellingham pada menit ke-13.

Jude Bellingham tak hanya mencetak gol, tapi juga diganjar man of the match Serbia vs Inggris. Rekor-rekor turut dibuat pemain 20 tahun itu di Veltins Arena.

Opta mencatat, Jude Bellingham jadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol di Piala Eropa dan Piala Dunia ketika bermain di klub non-Premier League. Dia melakukannya saat berseragam Borussia Dortmund (World Cup 2022) dan Real Madrid (Euro 2024).

Bellingham juga jadi pemain Eropa pertama yang tampil di tiga turnamen mayor internasional sebelum mencapai umur 21 tahun. Jebolan Birmingham ini sudah bermain di Euro 2020, World Cup 2022, dan Euro 2024.

Sederet pencapaian Bellingham diapresiasi kapten Timnas Inggris, Harry Kane. Dia menilai segala pujian bagi rekan setimnya itu pantas didapatkan.

"Jude adalah pemain yang luar biasa. Dia pantas mendapatkan semua pujian, kepercayaan diri yang dia miliki, dan cara dia mempengaruhi permainan," kata Kane usai laga Serbia vs Inggris, dikutip dari Sky Sports.

"Penting bagi pemain yang bermain di posisinya untuk mendapatkan gol dan assist. Dia menyelesaikannya dengan baik," ujarnya soal Jude Bellingham.(red.J)