Jakarta,  reporter.web.id - BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli kembali melakukan Program BPJS Keliling ke wilayah pelosok. Program ini mempermudah aksesibilitas dan pendekatan layanan yang menjangkau seluruh lapisan warga di Kepulauan Tello, Kabupaten Nias Selatan.

BPJS Keliling memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau dalam memperoleh layanan administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran, ubah data, pengecekan status aktif peserta, konsultasi dan informasi, serta berbagai layanan yang terkait kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hadirnya BPJS Keliling disambut baik masyarakat Pulau Tello. Pasalnya, BPJS Keliling dinilai menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan dengan waktu yang cepat dan biaya yang murah.

Jarak tempuhnya pun mudah untuk dijangkau masyarakat, sehingga mereka tidak perlu menempuh waktu lama untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk urusan administrasi kepesertaan.

John Rehavin (60) warga pensiunan PNS di Kelurahan Pasar Pulau Tello mengungkapkan dukungan dan rasa syukurnya berkat layanan BPJS Keliling. Ia mengaku hadirnya BPJS Keliling sangat memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh layanan administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan tanpa harus menempuh waktu yang lama untuk pergi ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Saya sangat mendukung adanya BPJS Keliling karena di Kelurahan Pasar Pulau Tello ini daerahnya sangat terpencil sekali, akses dari Pulau-pulau Batu khususnya Pulau Tello ke Nias Selatan itu bisa memakan waktu total 14 jam untuk perjalanan pulang pergi menggunakan kapal laut. Perjalanan untuk pergi ke Kantor BPJS Nias Selatan harus mengeluarkan akomodasi dengan biaya yang tinggi, maka dengan adanya BPJS Keliling ini sangat membantu," jelas John dalam keterangan tertulis, Jumat (14/6/2024).

John pun bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program BPJS Kesehatan yang sudah sangat banyak membantunya mengakses layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

"Kalau saya menyampaikan terima kasih itu mungkin terlalu kecil, saya hanya bersyukur karena adanya BPJS Kesehatan nyawa saya sudah tiga kali ditolong oleh BPJS Kesehatan, terakhir bulan kemarin juga saya tertolong dengan bantuan BPJS," ujarnya.

Ia menceritakan ketika BPJS Keliling hadir ke tempatnya, John mengakses layanan kepesertaan untuk menambahkan anak perempuannya agar dapat masuk dalam Program JKN.

"Saya mau mengakses layanan agar anak saya yang bernama Trisasmita dapat dimasukkan ke BPJS keluarga," tutur John.

Sebelumnya, John mengaku sudah pernah menikmati manfaat menggunakan BPJS Kesehatan dalam layanan kesehatan sebanyak tiga kali tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

"Saya sudah menikmati BPJS Kesehatan ini sebanyak tiga kali. Pertama untuk check up kepala, kedua untuk pembuatan kacamata, dan ketiga saat saya rawat inap di Rumah Sakit Yos Sudarso, Padang. Semuanya dijamin BPJS dan tidak ada satu sen pun biaya keluar," ungkapnya.

John berharap BPJS Keliling dapat dilaksanakan sekali dalam setiap tiga bulan. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami apa saja manfaat yang dapat diperoleh saat mendaftar sebagai anggota Program JKN.

"BPJS Keliling ini kalau bisa sekali tiga bulan datang kesini, jadi kami itu lebih mengerti, lebih memahami apa saja manfaat dari BPJS," harapnya.(red.J)