Jakarta, reporter.web.id- Masjid Istiqlal memotong hewan kurban hari ini. Ada 72 hewan kurban yang akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat.

Juru bicara Masjid Istiqlal yang juga Kepala Bidang Riayah, Ismail Cawidu, mengatakan ada 60 ekor sapi yang dikurbankan masyarakat melalui Masjid Istiqlal. Selain sapi, ada 12 ekor kambing yang ditargetkan akan disembelih hari ini.

"Teman-teman sekalian hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia, kemudian ada 12 ekor kambing dan akan didistribusikan kepada 225 proposal kalau dihitung jumlah jiwanya ada 25 ribu," kata Ismail di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2024).

Ismail menyebut pendistribusian hewan kurban ini tak lagi menggunakan kupon. Ia menyebut daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang sudah terdaftar, beserta panti asuhan hingga rumah tahfidz.

"Lokasinya dari luar Jakarta juga banyak. Ada sekitar Jabodetabek, masjid, musala, pondok pesantren, itu yang kami prioritaskan adalah rumah tahfiz dan rumah anak yatim," kata Ketua Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal, Abu Hurairah.

Ia berharap sebelum matahari terbenam pemotongan hewan kurban di Istiqlal sudah selesai. Ia mengatakan dengan sistem seperti itu tak ada warga yang mengantre hingga kepanasan di lingkungan Istiqlal.

"Semuanya insyaallah mudah-mudahan bisa sebelum matahari terbenam insyaallah sudah selesai, sudah bisa dimasak. Kalau yang dekat ya, nggak semuanya diantar, kalau yang proposal itu kami telepon orangnya datang ke sini. Jadi tidak ada kerumunan warga di masjid," imbuhnya.(red.J)