Berlin, reporter.web.id- Austria mengalahkan Polandia 3-1 dalam laga kedua Grup D Piala Eropa 2024. Kemenangan ini membuka asa tim asuhan Ralf Rangnick untuk melaju ke fase gugur.

Bermain di Olympiastadion, Jumat (21/6), Austria membuka keunggulan lewat sundulan Gernot Trauner di menit ke-9, namun Krzysztof Piatek sukses menyamakan skor pada menit ke-30. Baru di babak kedua Das Team mampu mengatasi perlawanan Polandia.

Kerja sama jitu Alexander Prass dan Christoph Baumgartner diakhiri nama terakhir dengan gol di menit ke-66. Penalti Marko Arnautovic 12 menit berselang memastikan Austria mengunci kemenangan.

Kemenangan ini membuat Austria sudah mengumpulkan tiga poin dari dua laga, sedangkan Polandia masih nirpoin.
Austria sudah mengancam sejak menit pertama, namun tembakan jarak jauh Stefan Posch masih bisa diatasi kiper Polandia, Wojciech Szczesny. Baru di menit ke-9 Austria akhirnya membuka keunggulan.

Lewat skema serangan dari sisi kiri, umpan silang Philipp Mwene disambut Gernot Trauner yang melakukan overlap dengan tandukan ke sudut kiri atas gawang Polandia yang tak mampu dijangkau Szczesny.

Unggul 1-0 tak membuat Austria puas. Marcel Sabitzer berupaya menambah gol lewat tembakan jarak dekatnya di menit ke-17, namun bisa diamankan Szczesny. Polandia berupaya membalas semenit berselang, tetapi tembakan Nicola Zalewski melambung di atas gawang.

Polandia menyamakan skor pada menit ke-30. Crossing mendatar Jakub Kiwior dari sisi kiri disambut Jan Bednarek dengan tembakan yang masih bisa diblok Trauner, namun bola liar direbut oleh Krzysztof Piatek yang kemudian melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang untuk menaklukkan kiper Austria, Patrick Pentz.

Piatek menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Foto: REUTERS/Fabian Bimmer
Usai bermain imbang 1-1 di babak pertama, Austria berupaya menekan sejak awal paruh kedua. Posch kembali memperoleh peluang di menit ke-51, namun sundulannya dari situasi sepak pojok berhasil digagalkan Szczesny.

Polandia mengganti Piatek dengan Robert Lewandowski di menit ke-60 demi menambah daya gedor lini depan, namun mereka justru kebobolan pada menit ke-66. Christoph Baumgartner menuntaskan umpan terobosan Alexander Prass dengan tembakan ke sudut kanan yang mengecoh Szczesny.

Baumgartner dikepung para pemain Polandia saat melepaskan tembakan yang berujung gol 

Gol ketiga Austria hadir lewat penalti di menit ke-78. Sabitzer melewati Szczesny dalam duel satu lawan satu dan kiper veteran itu tak punya pilihan selain menjatuhkannya. Marko Arnautovic yang menjadi eksekutor sukses membobol gawang Polandia. Szczesny salah membaca arah bola.

Skor 3-1 bertahan hingga usai. Austria meraih kemenangan perdana di Euro 2024.

Susunan pemain

Polandia: Wojciech Szczesny, Jan Bednarek, Pawel Dawidowicz, Jakub Kiwior, Przemyslaw Frankowski, Jakub Piotrowski (Jakub Moder 46'), Bartosz Slisz (Kamil Grosicki 75'), Nicola Zalewski, Piotr Zielinski (Kacper Urbanski 87'), Adam Buksa (Karol Swiderski 60'), Krzysztof Piatek (Robert Lewandowski 60').

Austria: Patrick Pentz, Philipp Mwene (Alexander Prass 63'), Gernot Trauner (Kevin Danso 59'), Philipp Lienhart, Stefan Posch, Florian Grillitsch (Patrick Wimmer 46'), Nicolas Seiwald, Marcel Sabitzer, Konrad Laimer, Christoph Baumgartner (Romano Schmid 81'), Marko Arnautovic (Michael Gregoritsch 81').(red.J)