FLORES TIMUR, reporter.web.id - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus pada Rabu (12/6/2024) pagi. 

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki melaporkan, sejak pukul 00.00 Wita-06.00 Wita gunung tersebut mengalami 2 kali erupsi.

Erupsi pertama terjadi pukul 02.16 Wita dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 600 meter di atas puncak sekitar 2.184 meter di atas permukaan laut. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat," ujar Kepala Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro, Rabu pagi. 

Erupsi ini, terang Yosef, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi lebih kurang 8 menit 15 detik. Yosef melanjutkan, erupsi kedua terjadi pukul 05.49 Wita namun tinggi kolom abu tidak teramati. 

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi lebih kurang 3 menit 15 detik. 

Dia mengimbau masyarakat yang terdampak hujan abu memakai masker atau penutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan. 

PGA Lewotobi juga melaporkan pada Rabu pukul 00.00 Wita-06.00 Wita, gunung setinggi 1584 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami satu kali gempa embusan, tujuh kali vulkanik dangkal, lima kali vulkanik dalam, dan satu kali tektonik jauh.(red.J)