Jakarta, reporter.web.id- Pelatih Belanda Ronald Koeman menilai gol Xavi Simons ke gawang Prancis legal. Menurutnya, wasit Anthony Taylor sudah melakukan kesalahan dengan menganulirnya.

Duel Belanda vs Prancis di laga kedua Grup D Euro 2024 berakhir tanpa pemenang. Pertandingan yang digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB itu tuntas 0-0.

Xavi Simons sempat menjebol gawang Prancis pada babak kedua. Namun, gol tersebut dibatalkan karena Denzel Dumfries yang berdiri di dekat jalur bola dinilai mengganggu kiper Prancis Mike Maignan.

Insiden ini sempat ditinjau oleh VAR. Setelah pengecekan selama beberapa menit, wasit Anthony Taylor akhirnya sampai pada keputusan untuk menganulir gol Simons.

Ronald Koeman mengaku melihat gambar dari insiden tersebut usai pertandingan. Ia tidak sepakat dengan keputusan wasit menganulir gol Simons.

"Posisi Dumfries offside, itu betul. Tapi dia tidak mengganggu kiper. Dan ketika itu tidak terjadi maka menurut saya itu golnya sah," ujar Koeman di koferensi pers usai laga, seperti dilansir Reuters.

"Apakah mereka butuh lima menit untuk mengecek karena itu sulit banget? Saya tidak paham. Dia tidak mengganggu kiper," katanya menegaskan.

Dengan hasil ini, Belanda kini mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan di puncak klasemen Grup D Euro 2024. De Oranje hampir dipastikan lolos ke babak 16 besar.

"Meski saya kira golnya seharusnya sah, menurut saya ini hasil yang adil. Saya bisa menerima ini, meski ada masanya ketika kami tidak cukup bagus dan itu mungkin karena fakta bahwa kami menghadapi lawan yang hebat dalam diri Prancis," kata Koeman.(red.J)