Leipzig,reporter.web.id - Prancis lolos dari kekalahan melawan Belanda di Euro 2024. Les Bleus memang mendominasi, tapi kehilangan gereget di lini depan dengan absennya Kylian Mbappe.

Prancis berimbang 0-0 dengan Belanda di Leipzig Stadium, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB, pada lanjutan Piala Eropa 2024. Tim besutan Didier Deschamps lebih mengendalikan penguasaan bola sepanjang laga, juga menciptakan sejumlah peluang bagus.

Tapi peluang-peluang itu gagal diselesaikan dengan sempurna. Dua di antaranya melibatkan Antoine Griezmann, dalam situasi menghadapi kiper lawan namun tendangannya tak sempurna.

Tumpulnya Prancis ini pula yang nyaris dihukum Belanda. Oranje sempat bikin gol melalui Xavi Simons, namun secara kontroversial dianulir wasit karena offside Denzel Dumfries.

Perihal tumpulnya Prancis, absennya Kylian Mbappe menjadi faktor yang tak bisa dikesampingkan. Opta mencatat bahwa sebelum melawan Belanda, Prancis gagal memenangi enam partai terakhir saat Mbappe absen dari starting line up (4 imbang, 2 kalah).

Hasil imbang lawan Belanda makin mengonfirmasi 'kutukan' tersebut. Mbappe sendiri hanya menjadi penghangat bangku cadangan di laga semalam karena cedera patah hidung.

Dengan absennya Mbappe, Deschamps mengandalkan Marcus Thuram sebagai ujung tombak ditopang Griezmann sebagai penyerang lubang. Thuram melepas dua tembakan tanpa satupun mengarah ke gawang, sedang Griezmann punya lima percobaan dan tiga on target.

Hasil imbang ini juga menandai bahwa Prancis masih belum bisa mencetak gol dalam dua laga Piala Eropa 2024. Kemenangan 1-0 atas Austria di pertandingan pertama didapat berkat gol bunuh diri lawan.(red.J)