Banjarnegara, reporter.web.id - Kompleks Candi Arjuna Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, kembali membeku pagi ini. Suhu udara terendah pagi ini mencapai minus 1,2 derajat celsius.

Butiran embun yang menempel di rumput di area kompleks Candi Arjuna Dieng pun mengkristal. Termasuk embun yang menempel di plastik terlihat membeku.

"Hari ini embun kembali membeku di area Candi Arjuna. Jadi berturut-turut sama kemarin," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Sri Utami saat, Kamis (20/6/2024).

Embun es di kompleks Candi Arjuna Dieng pagi ini, Kamis (20/6/2024). Foto: dok. UPT Dieng

Ia mengatakan, pagi ini banyak wisatawan yang beruntung bisa melihat langsung embun es. Sejak pagi buta, wisatawan mulai berdatangan ke kompleks Candi Arjuna.

"Wisatawan sudah banyak yang ke area Candi Arjuna sejak pagi. Mereka beruntung bisa melihat embun es langsung. Karena kan memang kadang membeku kadang tidak," ujarnya.

Kompleks Candi Arjuna Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara, kembali membeku pagi ini. Suhu udara terendah pagi ini mencapai minus 1,2 derajat celsius, Kamis (20/6/2024). 

Sementara itu, pembuat aplikasi suhu udara Dieng, Aryadi Darwanto menyebut suhu terendah pagi ini mencapai minus 1,2 derajat celsius. Suhu ini nyaris sama dengan suhu kemarin yakni minus 1,35 derajat celsius.

"Pagi ini suhu terendah minus 1,2 derajat celsius itu tadi jam 05.22 WIB. Suhunya hampir sama dengan kemarin. Kalau kemarin minus 1,35 derajat celsius," sebutnya.

Berdasarkan alat pengukur suhu udara di Dieng, tercatat suhu udara sudah mulai turun sejak pukul 17.00 WIB. Suhu terus turun hingga pagi hari.

"Kemarin sore pas jam 5, suhu udara sudah 10 derajat celsius. Setelah itu suhu terus turun sampai pagi ini," jelasnya.(red.J)