Jakarta, reporter.web.id - Dua peristiwa orang tewas tertabrak kereta terjadi selang beberapa hari saja. Kedua insiden ini terjadi saat keduanya sedang memakai headset.

Kejadian pertama terjadi di Jakarta Barat. Seorang pria berinisial AYD (24) ditemukan tewas tertabrak KRL commuter line di perlintasan kereta Grogol, Jakarta Barat. Diduga korban tertabrak saat tengah berolahraga di jalur kereta.

Kapolsek Grogol Petamburan, Kompol Muharram Wibisono menyebut peristiwa itu terjadi pada Sabtu (15/6/2024) pagi. Wibisono menyebut saat itu korban tengah memakai headset.

"Kejadiannya dua hari yang lalu. Betul (saat itu korban) pakai headseat, sehingga tidak sadar kalau ada kereta api mendekat," kata Wibisono saat dihubungi, Senin (17/6/2024).

Adapun lokasinya berada di kawasan palang pintu kereta api di jalur perlintasan langaung (JPL) 2B Makaliwe Raya, Jakarta Barat. Dia menyebut polisi telah memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa itu.

Wibisono mengatakan saksi sempat meneriakin korban untuk menjauh dari perlintasan rel kereta. Namun, tak direspons oleh korban.

"Saksi mengingatkan kepada korban 'Awas ada kereta', namun korban tidak mendengarkan teriakan saksi, kemudian kereta api dari arah Tangerang menuju Stasiun Pos Duri berjalan pelan-pelan dan membunyikan klakson dua kali, panjang, dan korban tetap tidak mendengar," ucap Wibisono.

"Tiba-tiba korban menghampiri kereta yang melintas, sehingga korban meninggal dunia dalam kondisi kaki sebelah kiri patah dan luka berat di kepala," tambah dia.

Ada Temuan Headset 


Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Grogol, Iptu Muhammad Aprino Tamara, menyebut pihaknya menemukan headset di lokasi kejadian. Adapun jenazah korban telah diserahkan kepada pihak keluarga dan telah dimakamkan.

"(Jenazah korban) sudah diambil oleh pihak keluarga," ucap Aprino.

Selang beberapa hari, insiden serupa terjadi di Bogor. Pria bernama Muhamad Hasan (22) tewas tertabrak kereta api (KA) di lintasan rel Kelurahan Kedungbadak, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor. Korban tewas tertabrak saat menyeberang rel menggunakan headset.

"Betul, kejadiannya tadi pagi. Korban meninggal di lokasi," kata Kapolsek Tanahsareal Kompol Ariani ketika dimintai konfirmasi, Selasa (18/6/2024).

Peristiwa terjadi ketika korban hendak menyeberang rel di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor. Korban tertabrak kereta yang melaju dari arah Jakarta menuju Bogor.

"Menurut keterangan saksi (atas nama) Wijih, pegawai toko material, saksi melihat ada yang nyeberang seorang laki-laki yang belum dikenal ketabrak kereta api arah dari Jakarta menuju Bogor," kata Ariani.(red.J)