Berlin, reporter.web.id - Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui, itulah Lamine Yamal usai melakoni debut di Euro 2024. Dia mencatatkan dua rekor sekaligus assist. Top!

Yamal jadi starter saat Spanyol menghadapi Kroasia di laga pembuka Grup B di Olympistadion Berlin, Sabtu (15/6/2024) malam WIB. Dia mendampingi Alvaro Morata dan Nico Williams di lini serang.

Yamal langsung mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Piala Eropa pada usia 16 tahun 338 hari, melewati rekor pemain Polandia Kacper Kozlowski saat tampil di Euro 2020 pada usia 17 tahun 246 hari.

Kehadiran Yamal memang merepotkan pertahanan Kroasia khususnya di sayap kiri yang ditempati Josko Gvardiol. Beberapa kali serangan Spanyol diawali dari sisi Yamal.

Spanyol membuka keunggulan pada menit ke-29 lewat Morata yang diteruskan Fabian Ruiz pada menit ke-32. Skor 3-0 menutup babak pertama setelah Dani Carvajal mencetak gol yang diawali assist Yamal.

Assist itu membuahkan rekor kedua Yamal di Euro sebagai pencetak assist termuda. Selama 86 menit di lapangan, Yamal membuat enam sentuhan di kotak penalti dengan total tiga shot.

Ada juga tiga umpan silang, tiga kali penciptaan peluang, tiga kali sukses melewati lawan, dua kali memenangi penguasaan bola, dan dua tekel.

Yamal sudah mengumpulkan tiga gol dari delapan caps dan juga adalah pemegang rekor pencetak gol termuda di Timnas Spanyol.

"Saya senang sekali dengan kemenangan ini, debut di Euro, dan kami semua sudah memikirkan laga berikutnya. Saya ada di sini untuk pelatih dan juga tim, tak peduli saya main melebar, di dalam, apakah saya harus menyerang, membuat peluang, atau bertahan. Apapun yang mereka butuhkan," ujar Lama di situs resmi Euro 2024.

"Kami begitu efisien, bekerja keras, dan Anda lihat hasil kerja keras berbulan-bulan terlihat hari ini."(red.J)