reporter.web.id - Brasil membuka kiprahnya di Copa America 2024 dengan menghadapi Kosta Rika. Brasil dibuat frustrasi di sepanjang laga sehingga harus puas dengan skor 0-0.

Laga Brasil vs Kosta Rika digelar di Stadion SoFi, Inglewood, pada Selasa (25/6/2024) pagi WIB. Selecao mendominasi permainan dengan keunggulan ball possession yang mencapai 72 persen, berbanding 28 persen milik Kosta Rika.

Brasil tercatat menciptakan total 18 percobaan, tapi hanya tiga yang mengarah ke gawang. Sedangkan Kosta Rika cuma sekali melepaskan percobaan, itu pun diblok.

Usai hasil ini Brasil menempati peringkat kedua klasemen Grup D dengan perolehan satu poin. Brasil terpaut dua poin dari Kolombia di urutan teratas, sedangkan Kosta Rika di posisi ketiga juga dengan satu poin.

Brasil akan mencoba meraup tiga poin pertamanya di pertandingan selanjutnya. Pada laga kedua Vinicius Junior dkk akan berhadapan dengan Paraguay pada 29 Juni mendatang, dan Kosta Rika menantang Kolombia.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama terlahir di menit ketujuh. Sepakan Raphinha dari sisi kanan kotak penalti melenceng.

Sembilan menit berselang, Brasil mengancam lagi. Giliran Lucas Paqueta melepaskan tembakan, tapi bola masih melambung tinggi di atas gawang Kosta Rika.

Umpan terobosan Rodrygo diterima Raphinha di tengah kotak penalti. Sayang sekali, penyelesaian Raphinha masih mentah di tangan Sequeira.

Memasuki setengah jam permainan, Marquinhos menjebol gawang Kosta Rika. Namun, gol dianulir setelah diperiksa melalui VAR. Marquinhos dinyatakan offside.

Brasil terus menggedor pertahanan Kosta Rika jelang turun minum. Crossing Vinicius Junior kepada Paqueta diakhiri dengan tembakan dari tengah kotak penalti. Bola masih melambung. Begitupun dengan upaya dari Rodrygo sehingga paruh pertama ditandai dengan skor 0-0.

Selepas jeda, Brasil langsung ngegas lagi. Sepakan Rodrygo usai menyambut sepak pojok Raphinha melebar. Setelahnya, tandukan Rodrygo juga masih melenceng.

Gempuran serangan Brasil berlanjut. Di menit ke-77, Guilherme Arana melesakkan sepakan kaki kiri. Sequeira masih bisa melakukan penyelamatan di sisi bawah gawang.

Kosta Rika membuar sapuan berisiko. Haxzel Quiros menyundul bola crossing dari sayap kanan, untung Patrick Sequeira sigap menangkap bola.

Brasil mengklaim penalti setelah Rodrygo dilanggar Jeyland Mitchell. Wasit tidak menganggapnya pelanggaran, permainan berlanjut.

Sebuah peluang bagus tercipta di injury time. Savinho meliuk-liuk di sisi kanan kotak penalti sebelum menyodorkan bola kepada Bruno Guimares. Akan tetapi, tembakan melengkung Guimares melayang tipis di atas gawang Kosta Rika.(red.J)