Jakarta, reporter.web.id - Lampu lalu lintas atau traffic light di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat tepatnya di belakang Istana Negara, mati. Tidak berfungsinya lampu lalu lintas tersebut dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jalan.


Sabtu (15/6/2023) pukul 10.00 WIB lampu lalu lintas di kawasan itu memang terlihat tak berfungsi. Sementara kondisi jalan terpantau cukup ramai kendaraan yang berlalu-lalang.

Melihat 'lampu merah' yang mati, sejumlah pengendara tampak menurunkan kecepatannya saat mendekati persimpangan jalan. Tak jarang, mereka juga melihat ke arah kanan, kiri dan depan untuk memastikan lajunya aman.

Namun, ada juga pengendara yang malah melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Tindakan itu disusul oleh klakson oleh pengendara lainnya.

Selain pemandangan itu, terlihat pula beberapa pejalan kaki yang tampak kesulitan untuk menyeberang jalan. Sehingga mereka harus berjalan dengan pelan sambil menjulangkan tangan sebagai permintaan untuk diberi jalan.

Seorang pedagang, Toyib, mengatakan tak berfungsinya lampu lalu lintas di Jalan Veteran III baru dilihatnya hari ini. Sebelumnya, lampu berfungsi normal.

"Baru kali ini saya lihat. (Sebelumnya berfungsi) ya, normal," katanya saat ditemui.

Pria 45 tahun itu menilai tak berfungsinya lampu lalin itu dapat membahayakan. Dia berharap, petugas segera memperbaiki lampu lalu lintas.

"Membahayakan lah, (pengendara melaju) berlawanan. Orang nunggu kan nggak sabar, akhirnya jalan aja. Mengkhawatirkan sekali," ungkap Toyib.

"Mudah-mudahan cepet dibetulin, cepet ketahuan sama petugasnya," harapnya.

Senada dengan Toyib, warga lainnya, Arbai (47), pun menyampaikan hal yang sama. Namun dia melihat pagi tadi lampu lalu lintas masih berfungsi.

"Pagi tadi, saya waktu berangkat masih nyala, antara jam 05.30 WIB," ungkap Arbai.

Menurutnya, kondisi jalan di kawasan itu pagi ini tergolong sepi. Kendati begitu, dia menyampaikan harapan yang sama agar lampu lalin dapat segera diperbaiki.

"Lebih diperhatikan, diperbaiki biar semuannya aman. Wajib itu," pungkasnya.(red.J)