Jakarta,reporter.web.id - Musisi Virgoun ditangkap Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) terkait kasus narkoba. Virgoun kedapatan menggunakan narkoba di sebuah kost.

Selain virgoun ada juga sejumlah orang yang turut diamankan. Mereka diamankan di daerah Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2024) pukul 01.00 WIB dini hari.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Ditangkap Bersama Wanita

Virgoun diamankan bersama seorang wanita berinisial PA. Belum diketahui siapa wanita yang bersama Virgoun itu.

"Dua orang yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Pertama pria, VTP, musisi, kedua perempuan, PA," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakbar, AKBP Indrawienny Panjiyoga, di Jakbar, Jumat (21/6/2024).

2. Positif Narkoba

Polisi telah melakukan tes urine terhadap Virgoun. Hasilnya, mantan suami Inara Rusli itu positif sabu.

"Untuk tes urine sementara pada saat setelah penangkapan sudah kami lakukan, dan keduanya positif mengonsumsi metamfetamin. Tapi nanti juga kami lakukan cek kesehatan kedua orang yang kami amankan," ujar Indraweny.

Panjiyoga melanjutkan pihaknya akan kembali melakukan tes urine Virgoun sore ini atau nanti.

"(Tes urine lagi) belum nanti mungkin kalau tidak sore ini, besok kami lakukan tes urine," jelasnya.

3. Sabu dan Alat Hisap Jadi Barang Bukti

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa sabu dan alat isapnya. Belum diketahui berapa berat total sabu yang diamankan. Polisi masih memburu pihak yang diduga menjadi penyalur sabu ke Virgoun.

"Sabu, untuk berat satu klip kecil dan alat isap," jelasnya.

4. Virgoun Nangis dan Minta Maaf ke Ibu

Ibunda Virgoun, Eva Manurung, mengatakan Virgoun memeluknya dan menangis saat dijenguk. Eva mengatakan hanya bisa bertemu sebentar dengan Virgoun di Mapolres Jakarta Barat. Dia mengatakan Virgoun sempat menangis dan meminta maaf.

"Semua orang ya saya rasa pernah melakukan kesalahan. Tua, kecil, muda, besar, sama saja. Hal ini, tadi aku peluk anakku, dia minta maaf sama aku, dia bilang, 'Mami, maafkan aku nakal', (saya jawab) 'Iya, Nak, maafin Mami juga, Mami berusaha jadi ibu yang baik buat kalian meskipun kalian nggak dibesarkan oleh seorang ayah'," ujar Eva di Polres Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Eva mengaku stres karena kasus ini. Dia mengaku sempat sesak napas saat mengetahui Virgoun ditangkap.

"Saya, stres, stres banget, asam lambung naik, saya sesak napas dua kali, karena harapan saya. Saya tahu anak saya lagi mengalami guncangan hidup dengan keluarganya," jelas dia.

"Saya cuma bisa rangkul anak saya. Saya bilang, berubah ya, Nak, berubah ya. Cuma itu yang bisa saya lakukan, Mami akan ada kapan pun di setiap apa pun, yang sudah, sudah, 'Lihatlah wajah ketiga anakmu', cuma itu, dia bilang 'Iya, Mami'," imbuhnya.

5. Keluarga Ajukan Rehabilitasi

Keluarga akan mengajukan rehabilitasi terhadap Virgoun. Keluarga berharap Virgoun bisa mendapat keringanan.

"Harapan keluarga kita berharap Virgoun bisa direhabilitasi. Ibaratnya bisa dapat keringanan," ucap kakak Virgoun, Febby Carol, di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Febby mengunjungi Virgoun di Polres Jakbar bersama sang ibunda, Eva Manurung, dan artis Vista Putri. Ini merupakan kunjungan kedua keluarga dan kerabat dekat pelantun lagu 'Surat Cinta untuk Starla' itu.

Febby mengatakan kunjungan kedua ini dilakukan untuk menguatkan sang adik. Ia juga berharap Virgoun segera mendapat pendampingan dari kuasa hukum.

"Kedatangan kita ini yang kedua kalinya untuk mendampingi adik, memberikan kekuatan, supaya cepat didampingi kuasa hukum, semoga hasilnya bisa direhabilitasi ya harapannya itu," ujarnya.

7. Virgoun dan Rekan Wanita Sehat

Polisi menyatakan Virgoun dan rekan wanitanya, PA dalam keadaan sehat. Kanit Unit 3 Satnarkoba Polres Jakarta Barat AKP Hendy mengatakan, pemeriksaan kesehatan Virgoun dilakukan secara menyeluruh. Tes kesehatan itu juga dilakukan kepada rekannya, PA yang ditangkap bersama Virgoun kemarin.

"Hasil tes kesehatan dari Bang Virgoun tadi dinyatakan sehat, urinenya juga masih positif mengandung narkotika berserta dengan rekannya, tadi juga dinyatakan sehat, dan masih urinenya positif narkotika," kata AKP Hendy di Mapolres Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Hendy menerangkan, baik Virgoun dan PA dalam kondisi sehat. Mantan suami Inara Rusli itu juga tidak dalam keadaan tertekan.

"Kalau kesehatan, tesnya secara menyeluruh. Dari denyut nadi, tensinya, paling nggak dia tidak dalam keadaan tertekan atau panik," ucapnya.

"Nggak ada (stres), kan teman-teman lihat tadi," lanjut dia.(red.J)