PONOROGO, reporter.web.id - Anda dapat menghabiskan akhir pekan untuk mengunjungi tempat wisata alam. Ada banyak tempat wisata alam yang indah di Ponorogo, Jawa Timur.

Kota Reog memiliki banyak tempat untuk dilihat, termasuk telaga, air terjun, dan gunung. Tertarik untuk melihat tempat wisata alamnya? Lihat penjelasan lengkap di bawah ini.

Rekomendasi Wisata Alam di Ponorogo
Bagi pencinta wisata alam, Ponorogo bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Berikut lima rekomendasi wisata alam di Ponorogo, cocok untuk yang ingin menghabiskan waktu liburan.

1. Telaga Ngebel
Telaga Ngebel merupakan danau alami yang lokasinya sekitar 23 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur. Ketika berada di Telaga Ngebel, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang eksotis.

Luasnya mencapai 150 hektare dan kawasannya berada pada ketinggian 734 meter di atas permukaan laut. Maka, tidak heran jika kawasan Telaga Ngebel selalu diselimuti udara yang sejuk dan dingin.

Daya tarik wisata ini yakni pada pemandangan telaga yang dikelilingi hutan pinus. Bila berkunjung pada malam hari, tempat ini menyuguhkan air mancur menari lengkap dengan lampu warna warninya.

2. Air Terjun Coban Lawe

Wisata alam lain yang ada di Ponorogo yaitu Air Terjun Coban Lawe. Objek wisata satu ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Ponorogo, Jawa Timur. Tepatnya, sekitar 33 kilometer ke arah Timur dari pusat kota Ponorogo.

Air terjun ini mempunyai beberapa tingkatan yang terlihat indah. Kawasannya terletak di lereng Gunung Wilis dengan ditumbuhi hutan hujan disekitarnya. Kalian yang gemar dengan suasana natural, wisata ini bisa menjadi pilihan.

3. Air Terjun Pletuk
Selain coban lawe, di Ponorogo juga ada Air Terjun Pletuk yang tidak kalah cantiknya. Destinasi wisata ini berada di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo, Jawa Timur.

Air Terjun Pletuk memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Untuk sampai di sana, dari pusat kota Ponorogo, pengunjung perlu menempuh jarak 27 kilometer ke arah tenggara. Menuju tempat ini, kalian akan melihat perkebunan kayu putih, hutan jati yang rindang, dan persawahan terasering yang menyejukkan mata.

4. Air Terjun Sunggah
Air terjun lain yang ada di Kota Reog yakni Air Terjun Sunggah. Wisata satu ini juga menyimpan keindahan alam yang menawan. Lokasinya terletak di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur.

Objek wisata primadona satu ini ketinggiannya sekitar 50 meter. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang memukau. Untuk tiba di lokasi ini, pelancong membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Ponorogo.

5. Gunung Mangge

Kalian yang hobi mendaki, datang ke wisata alam Gunung Mangge bisa menjadi pilihan. Gunung yang memiliki ketinggian 350 mdpl ini terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Untuk menuju puncak Gunung Mangge, dari tempat parkir wisatawan memerlukan waktu 15 menit berjalan kaki. Selama diperjalanan, pengunjung akan disuguhkan pepohonan rindang dan kicauan burung liar. Saat tiba di puncaknya, juga ada panorama hamparan persawahan dengan udara yang sejuk.(red.J)