Breaking News

Waspada!!! Pembobolan Toko Terjadi di Tunglur Badas Kediri

  


Kediri,  reporter.web.id  - Komplotan maling lintas kota yang beranggotakan 2 pria dibekuk jajaran Satreskrim Polres Kediri. Komplotan itu ditangkap usai beraksi membawa kabur puluhan slop rokok berbagai merk dari toko milik Ahmad Amiruddin.

Pencurian 40 slop rokok senilai Rp 35 juta itu mereka lakukan pada Minggu (5/5). Pemilik toko Ahmad Amiruddin telah menutup tokonya di Kecamatan Badas untuk pergi bersilaturahmi.

Ketika karyawan toko Ahmad kembali membuka lapak pada siang keesokan harinya, kondisi toko sudah berantakan dan puluhan slop rokok hilang dari tempat penyimpanan.

Segera saja pemilik toko mengecek rekaman CCTV. Terlihat dengan jelas para pelaku pencurian itu. Bukti rekaman itu dibawa saat Ahmad melapor ke Polsek Kepung.

Hasil penyelidikan polisi, 2 pria di rekaman CCTV itu adalah Iwan Tato dan Budiman. Keduanya warga Surabaya yang sudah sering beraksi merampok rumah dan toko.

Aksi mereka tidak hanya dilakukan di wilayah Kediri tetapi juga di wilayah luar Kediri. Selain itu, keduanya juga merupakan buron Polres Mojokerto dan Polres Sidoarjo.

Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto membenarkan berdasarkan hasil penyelidikan itu Satreskrim mendapat identitas pelaku yang juga merupakan residivis dan buron Polres lain.

"Pelaku ini salah satunya merupakan DPO dan residivis kasus sama di Polres Sidoarjo dan Mojokerto. Alhamdulillah berhasil kami ringkus," kata Bimo, Rabu (8/5/2024).

Pada hari penangkapan, Selasa (7/5), petugas gabungan Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri, Unit Reskrim Polsek Kepung, dan Unit Reskrim Polsek Pare mendapatkan perlawanan.

Iwan Tato sempat melakukan perlawanan dengan senjata tajam. Petugas dengan sigap mematahkan perlawanan Iwan Tato dan membekuknya.

Usai Iwan Tato diamankan, tak beberapa lama Budiman juga turut dibekuk petugas. Keduanya diciduk dari kediamannya di wilayah Desa Kepung dan Sidoarjo.

"Pelaku sempat berupaya melakukan perlawanan terhadap anggota saat akan ditangkap petugas dengan sebilah parang. Anggota sempat meladeni pelaku dengan kemampuan bela diri Polri dan berhasil diamankan tanpa perlawanan berarti," ujar Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Fauzy Pratama.

Dari kediaman pelaku polisi menyita sejumlah barang bukti termasuk kendaraan roda dua yang dipakai untuk melakukan aksi kejahatan, yakni satu Honda CBR.

Dari hasil pemeriksaan itu pelaku mengaku kendaraan itu hasil tukar tambah dari motor hasil kejahatan yakni motor Honda PCX yang dicuri di kawasan Sidoarjo.

Sementara, rokok yang dibawa kabur telah dijual ke pihak lain dengan harga Rp 150 ribu per slop. Kedua pelaku bersama barang bukti kini diamankan di Polres Kediri.(red.Al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini