Breaking News

Jalur Banyuwangi-Jember Tertutup Banjir Lumpur, Buka Tutup Diberlakukan


BANYUWANGI, 
reporter.web.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyuwangi, Jawa Timur pada Kamis (18/4/2024) malam membuat banjir dan lumpur menutup jalanan. Salah satunya yang terjadi di jalur utama penghubung antara Kabupaten Banyuwangi dengan Jember di Buk Bejo, Dusun Barurejo, Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru.


Akibat banjir tersebut, arus lalu lintas dari arah Banyuwangi maupun Jember terhambat. Kendaraan dari kedua arah harus bergantian lewat karena diberlakukannya sistem buka tutup. "Jalanan dipenuhi lumpur dan kerikil, jadi harus gantian kalau lewat," kata Petugas BPBD Banyuwangi wilayah Kalibaru, Mochamad Sholeh, Kamis (18/4/2024). 

Untuk mempermudah akses pengguna jalan di jalur utama penghubung dua kabupaten itu, masyarakat pun turun tangan mengatur lalu lintas secara mandiri. "Sempat mengular panjang sekitar 200 meteran lebih, karena memang sedang dilakukan proses pembersihan," ujar Sholeh.

Kepadatan kendaraan dimungkinkan berlangsung lama, lebih-lebih jika proses evakuasi pembersihan material lumpur dan kerikil belum selesai. "Kita mulai pembersihan tadi sekitar pukul 06.00 WIB. Sampai sekarang masih proses. Terkendala kondisi hujan gerimis juga," ungkapnya.

Menurut Sholeh, banjir tersebut disebabkan karena saluran irigasi yang tertutup material sampah, lumpur, dan bebatuan. Akibatnya, air bercampur lumpur dan kerikil itu meluap ke jalan raya karena saluran irigasi yang berada di pinggir jalan tidak sanggup menampung air. 

"Gorong-gorongnya ini juga sempit. Tertutup sedimen tanah dan material lainnya. Perlu pembersihan juga," ucapnya Sholeh menyebutkan, banjir itu terjadi bukan hanya satu kali. Namun setiap kali terjadi hujan deras, air di saluran irigasi itu selalu meluap. "Tadi sudah koordinasi Dinas PU. Informasinya akan segera merapat dan mengecek lokasi," tutur Sholeh.

Selain di kawasan Kalibaru, luapan air karena dampak hujan deras juga dilaporkan terjadi di jalan raya Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore. Jalan yang juga penghubung antara Banyuwangi dan Jember itu, juga tergenang air dampak gorong-gorong yang tersumbat material potongan kayu dan sampah. "Material sampah dan potongan kayu sudah dibersihkan oleh pihak Perkebunan PTPN Kalikempit bersama warga sekitar," kata Agen BPBD Banyuwangi, Ismanto. Di kawasan tersebut, evakuasi pembersihan material juga dilakukan. Arus lalulintas juga sempat terhambat akibat tergenang air. (red.Y)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini