Breaking News

UTBK-SNBT Sudah Dibuka, Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

 


Surabaya,reporter.web.id - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) telah dibuka mulai 21 Maret hingga 5 April 2024. Sebelum mengikuti, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta.

UTBK tahun ini dilaksanakan di 72 pusat UTBK, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang memiliki daya tampung SNBT 44 persen. Unesa memiliki 78 prodi S1 dan 10 prodi D4.

Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Sukarmin menyarankan peserta kategori umum atau di luar peserta SNBP 2024 agar mempersiapkan diri dan persyaratan pendaftaran.

"Bagi peserta SNBP yang tidak lolos, bisa mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT. Sementara peserta yang dinyatakan lolos jalur SNBP 2024 tidak boleh mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT," kata Sukarmin, Minggu (24/3/2024).

UTBK-SNBT tahun ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih satu hingga empat prodi, baik sarjana akademik maupun sarjana terapan. Meski begitu, ada ketentuan yang harus diperhatikan sebagai berikut.

Peserta yang memilih satu prodi bisa memilih program manapun, baik prodi sarjana akademik, sarjana terapan, atau diploma.

Peserta yang memilih dua prodi bisa memilih program manapun, baik prodi sarjana akademik, sarjana terapan, atau diploma.

Peserta yang memilih tiga prodi bisa memilih dua prodi sarjana akademik dan satu program vokasi (sarjana terapan D4 atau D3), atau bisa sebaliknya yaitu dua program vokasi, satu program sarjana akademik.

Peserta yang memilih empat prodi bisa memilih dua prodi sarjana akademik dan dua prodi sarjana terapan. Dengan catatan harus ada minimal satu program diploma tiga atau D3.

Sebelum mendaftar, ada hal-hal yang perlu diperhatikan para peserta agar kemungkinan lolos UTBK-SNBT semakin besar. Seperti beberapa persiapan yang harus menjadi perhatian sebagai berikut.

Perhatikan pemilihan prodi yang harus disesuaikan kemampuan, minat bakat atau rencana karier ke depan.

Peserta juga dianjurkan mencari tahu kuota penerimaan dan tingkat persaingan prodi yang dipilih.

Peserta yang memilih prodi olahraga, seni, dan desain wajib mengunggah portofolio.

Bagi pendaftar disabilitas bisa menyiapkan surat pernyataan yang ditandatangani kepala sekolah di atas meterai dan stempel sekolah.

Peserta disarankan segera mendaftar alias tidak mendaftar mepet penutupan.

Pilih lokasi tes terdekat, mudah diakses, dan dijangkau.
"Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal penting seperti waktu dan ketentuan pendaftaran. Paling penting persiapan diri dengan belajar, latihan soal, dan berdoa," pesannya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini