Breaking News

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra Saat Ramadhan 2024: Lokasi dan Cara Melihatnya

  


Solo, reporter.web.id  - Hadirnya bulan Ramadhan 2024 ternyata diwarnai juga dengan munculnya fenomena langit yang indah berupa gerhana bulan penumbra. Agar tak ketinggalan untuk menyaksikannya dalam waktu dekat, berikut jadwal, lokasi, dan cara melihat gerhana bulan penumbra yang akan muncul di bulan Ramadhan 2024.

Mengutip dari laman resmi NASA, dijelaskan bahwa gerhana bulan biasanya terjadi pada fase bulan purnama. Pengertian gerhana bulan adalah sebuah fenomena saat posisi Bumi tepat di antara bulan dan Matahari. Tak heran, apabila selama fenomena berlangsung, bayangan Bumi jatuh ke permukaan bulan sehingga mampu meredupkan hingga tak jarang mengubah permukaan bulan menjadi warna merah dalam beberapa waktu.

Diketahui bahwa akan hadir fenomena langit berupa gerhana bulan penumbra dalam waktu dekat ini. Lantas kapan gerhana bulan penumbra akan terjadi? Berikut rangkuman informasi mengenai jadwal gerhana bulan penumbra di bulan Ramadhan 2024 yang dilengkapi dengan lokasi dan cara melihatnya.

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra Ramadhan 2024
Masih merujuk pada sumber yang sama, gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan bergerak melalui penumbra Bumi. Hal ini membuat bagian luar bayangannya berubah menjadi samar-samar. Tak heran, jika nantinya bulan akan sedikit meredup sehingga kerap sulit untuk menyadari kemunculannya.

Selama bulan Maret 2024 ini diketahui akan ada berbagai fenomena langit yang akan terjadi. Salah satunya gerhana bulan penumbra yang diprediksi bakal muncul bertepatan dengan bulan Ramadhan 2024 kali ini. Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan dalam laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bahwa pada tanggal 25 Maret 2024 akan terjadi sebuah fenomena langit berupa gerhana bulan penumbra.

Lokasi Gerhana Bulan Penumbra
Setelah mengetahui jadwal kemunculan dari gerhana bulan penumbra yang terjadi bertepatan di bulan Ramadhan 2024, tidak ada salahnya bagi detikers untuk memahami lebih awal terkait lokasi mana saja yang dapat menyaksikannya. Mengutip dari laman LangitSelatan, gerhana bulan penumbra hanya bisa diamati di wilayah Indonesia bagian timur. Tepatnya di Papua dan sebagian wilayah Maluku.

Selain Indonesia, masyarakat di berbagai belahan dunia juga dapat ikut menyaksikannya. Adapun wilayah yang dapat mengamatinya antara lain sebagian besar wilayah Eropa, Asia Timur, Asia Utara hingga sebagian wilayah Australia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Lautan Pasifik, Lautan Atlantik, Antartika, dan Arktik.

Meskipun tidak mudah untuk menyaksikan gerhana bulan penumbra karena kemunculannya yang cenderung samar-samar, tetapi masyarakat patut untuk menantikan kemunculannya karena tidak terjadi setiap saat. Masih merujuk dari sumber yang sama, awal gerhana bulan penumbra diperkirakan terjadi dari pukul 11.53 WIB hingga 16.32 WIB. Kemudian puncak gerhana bakal terjadi pukul 14.13 WIB yang diprediksi berlangsung selama 4 jam 39 menit.

Apabila masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur ingin menyaksikannya, dapat mempersiapkan diri saat bulan terbit. Adapun waktu kemunculan gerhana dimulai pukul 17.47 WIT hingga 18.31 WIT.

Cara Melihat Gerhana bulan Penumbra
Lantas bagaimana cara melihat gerhana bulan penumbra? Meskipun tidak semua wilayah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan penumbra di bulan Ramadhan 2024 ini, tetapi sebagian di antaranya bisa melihat secara langsung. Apabila merujuk dari laman Natural History Museum, dijelaskan bahwa tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan untuk melihat gerhana bulan penumbra. Sebaliknya, terdapat cara sederhana yang dapat dicoba bagi orang-orang yang mendapatkan kesempatan untuk menyaksikannya.

Agar mendapatkan pemandangan gerhana bulan penumbra terbaik, seseorang yang ingin menyaksikannya harus berada di sisi malam Bumi pada saat fenomena itu terjadi. Kemudian perlu mencari lokasi yang tidak terhalang oleh gedung-gedung tinggi maupun pepohonan. Bukan hanya itu, agar dapat melihat gerhana bulan penumbra juga diperlukan langit yang cerah dan bebas dari awan.

Meskipun tidak diperlukan peralatan khusus seperti teleskop, perlu diperhatikan dalam menyiapkan lokasi sekitar dengan baik. Seperti meminimalkan cahaya yang ada di sekitar, serta mencari tempat yang terbuka.

Demikian tadi penjelasan mengenai jadwal gerhana bulan penumbra yang dilengkapi dengan jadwal kemunculan di bulan Ramadhan 2024 dan cara melihatnya. Semoga informasi ini membantu! (red.Al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini